Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan Strategi Reciprocal Teaching dapat secara signifikan meningkatkan pemahaman membaca teks narasi siswa di SMP Negeri 2 Siantar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Siantar yang berjumlah 263 siswa. Dengan menggunakan teknik purposive sampling, dipilih dua kelas sebagai sampel penelitian, yaitu kelas eksperimen (VIII-1) dan kelas kontrol (VIII-3), masing-masing kelas terdiri dari 30 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan pilihan ganda untuk pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata post-test di kelas eksperimen adalah 73,1 dan rata-rata post-test di kelas kontrol adalah 65. Setelah peneliti menemukan bahwa Thitung lebih tinggi dari Ttabel (2,066 > 1,672) pada taraf signifikansi 5%. . Berdasarkan hasil temuan Ha diterima dan Ho ditolak. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Reciprocal Teaching Strategy (RTS) secara signifikan meningkatkan pemahaman membaca siswa di SMP Negeri 2 Siantar dalam pemahaman membaca teks naratif.
Copyrights © 2023