Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 6 No. 3 (2023): Volume 6 No. 3 2023

PEMBERDAYAAN ORANGTUA DALAM MENGENALKAN FINANCIAL LITERACY PADA ANAK PRA SEKOLAH

Tiara Juliana Jaya (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang)
Sandy Tegariyani Putri Santoso (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2023

Abstract

Financial literacy merupakan salah satu bentuk kecakapan hidup yang menacakup cara menggunakan sumber daya keuangan dengan bijak. Financial litarcy perlu diberikan sejak usia pra sekolah agar anak dapat mencapai kesejahteraan hidup di usia dewasa. Kecakapan tentantang financial literacy pada anak usia dini perlu melibatkan orangtua sebagai orang yang paling terlibat dengan anak serta memiliki pengaruh langsung terhadap kondisi finansial pada anak. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan dengan metode participatory action research yang melibatkan secara aktif orangtua siswa di RA Sunan Ampel 02.Kegiatan pengabdian ini dilakukan melalui tahapan identifikasi masalah, perencanaan kegiatan, pelaksanaan kegiatan dan evaluasi. Hasil eevaluasi menunjukkan setelah mengikuti kegiatan pengabdian orangtua mememahami manfaat, ruang, lingkup, serta bagaimana cara membelajarkan financial literacy pada anak anak usia pra sekolah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...