Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 6 No. 3 (2023): Volume 6 No. 3 2023

STRATEGI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA TINGKAT SLTA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING

Everhard Markiano Solissa (Universitas Pattimura)
Utomo Utomo (Universitas Muhammadiyah Kendal Batang)
Sri Kadarsih (STIE Syari’ah Al Mujaddid)
Djuniawan Karna Djaja (Universitas Gunung Kidul)
Pahmi Pahmi (IAI Nusantara Batang Hari)
Joni Wilson Sitopu (Universitas Simalungun)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2023

Abstract

Tantangan pendidikan pada tingkat SLTA pada abad 21 ini khususnya di Indonesia tidak hanya berfokus pada masalah konvensional yaitu pemerataan dan pemenuhan akses, sarana prasarana dan pembiayaan pendidikan, tetapi juga kualitas lulusan yang harus memiliki intelekual yang ahli dibidangnya sekaligus mempunyai moralitas tinggi. Melihat kondisi tersebut ketersediaan sumber daya manusia yang berkarakter merupakan kebutuhan yang sangat penting. Ini dilakukan untuk mempersiapkan tantangan global dan daya saing bangsa, Sekolah Menengah atas harus mampu menyiapkan generasi yang memiliki kompetensi dan karakter yang baik (good character), dengan demikian strategi penguatan pendidikan karakter pada pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning membutuhkan suatu perencanaan yang terintegrasi. Implementasi pendidikan karakter beserta monitoring dan evaluasinya pun harus disiapkan dengan seoptimal mungkin. konsep pendidikan karakter secara terprogram dengan sebuah strategi yang baik seperti halnya strategi moral knowing, moral modelling, moral feeling ang loving, moral acting, punishment, habituasi. Hendaknya diterapkan di setiap sekolah tinggi hingga peserta didik memiliki satu kesatuan karakter baik yang tak terpisahkan (knowing, feeling, and acting) dalam kehidupan keseharianya.Top of Form

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...