Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 6 No. 4 (2023): Volume 6 No 4 Tahun 2023

IMPLEMENTASI MEDIA SOSIAL TIK TOK DALAM PEMBELAJARAN PAK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 1 GALANG

Hana Greaty Purba (Universitas HKBP Nommensen Medan)
Imelda Butarbutar (Universitas HKBP Nommensen Medan)
Jojor Silalahi (Universitas HKBP Nommensen Medan)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat implementasi media sosial Tik Tok dalam pembelajaran PAK untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IX di SMP Negeri 1 Galang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualititatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan kuesioner (angket). Teknik wawancara dilakukan dengan terstruktur dengan menggunakan metode wawancara. Teknik kuesioner dilakukan dengan menyebarkan angket kepada siswa untuk melihat apakah minat belajar nya meningkat atau tidak. Analisis data penelitian bersikap deskriptif. Adapun informan dalam penelitian ini adalah guru dan siswa pendidikan agama kristen di SMP Negeri 1 Galang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi media sosial Tik Tok dalam pembelajaran PAK sangat berperan untuk meningkatkan minat belajar pada siswa, terutama kepada siswa yang memiliki minat belajar minim. Subjek mampu memberikan perasaan senang dan ketertarikan dalam meningkatkan minat belajar pada siswa melalui implementasi media sosial Tik Tok. Siswa yang memiliki minat belajar kurang dalam pembelajaran, dapat dibantu melalui implementasi media sosial Tik Tok. Keberhasilan implementasi media sosial Tik Tok dalam pembelajaran PAK dilihat dari perasaan senang, perhatian siswa, ketertarikan dan keterlibatan siswa selama proses pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...