Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 6 No. 4 (2023): Volume 6 No 4 Tahun 2023

PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DENGAN EDPUZZLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN HUKUM MAD THOBI’I DAN MAD BADAL (STUDI PADA MAHASISWA POLITEKNIK NEGERI BANJARMASIN)

Fitriani Fitriani (Politeknik Negeri Banjarmasin)
Rahmah Rahmah (Politeknik Negeri Banjarmasin)
Sulaiman Sulaiman (Politeknik Negeri Banjarmasin)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2023

Abstract

Al-Qur’an adalah kitab Suci yang merupakan salah satu ibadah yang utama dan paling mulia. Dalam proses membaca Al-Qur’an, terdapat kaidah-kaidah yang harus dipahami, dipatuhi, serta diperhatikan oleh seorang pembaca diantaranya adalah mengenai makhroj, tajwid, dan tartilnya Agar dapat mempelajari Al-Qur’an dengan mudah dan menyenangkan, maka penggunaan media sangat penting dilakukan. Salah satu media yang bisa  digunakan dalam pembelajaran Al-Qur’an, yaitu media edpuzzle. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dari data yang diperoleh dari hasil tes yang diberikan kepada siswa. Kemudian dianalis dengan langkah-langkah yang ditempuh dalam menganalisis data ini, meliputi; (1) Pengkoreksian data, (2) membuat distribusi frekuensi dari skor mentah, (3) analisis deskriptif, (4) analisis inferensial, dan (5) uji hipotesis. Dari penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil bahwa 1) Ha diterima, hal ini dibuktikan dengan adanya kemajuan kemampuan mahasiswa dalam memahami dan menerapkan hukum Mad Thobi’i dan Mad badal ketika membaca Al-qur’an pada ayat-ayat yang telah ditentukan, setelah mendapatkan pemeberian materi tentang hukum bacaan Mad Thobi’i dan Mad badal. 2) Peningkatan rata-rata hasil belajar Mahasiswa sebelum dan sesudah eksperimen berada pada kategori ”Tinggi”.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...