Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 6 No. 4 (2023): Volume 6 No 4 Tahun 2023

PENGEMBANGAN MEDIA E-TANGRAM GEOMETRI BERBASIS ANDROID PADA MATERI BANGUN DATAR DI SEKOLAH DASAR

Andi Marshanawiah (Universitas Negeri Gorontalo)
Sulastya Ningsih (Universitas Negeri Gorontalo)
Nurul Maulida Alwi (Universitas Negeri Gorontalo)
Aina Nurdiyanti (Universitas Negeri Gorontalo)
Nurain Dukei (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui pengembangan media e-tangram geometri berbasis android pada materi bangun datar di Sekolah Dasar dan 2) mengetahui validitas media e-tangram geometri berbasis android pada materi bangun datar di Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg & Gall. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 16 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Subjek uji ahli yaitu ahli materi matematika Sekolah Dasar dan ahli media. Subjek uji coba produk kelompok kecil yaitu 6 orang siswa kelas IV Sekolah Dasar, kemudian uji coba produk kelompok besar dilakukan kepada 13 orang siswa kelas IV Sekolah Dasar. Data hasil analisis kebutuhan yang diperoleh antara lain bahwa: 1) 31% siswa memahami pembelajaran bangun datar yang pernah dipelajari sebelumnya, 2) 38% siswa menguasai media pembelajaran, 3) 15% siswa pernah menggunakan media pembelajaran bangun datar, 4) 92% siswa menginginkan media pembelajaran yang dapat dipelajari dimanapun dan kapanpun dan 5) 100% siswa menginginkan media pembelajaran e-tangram geometri bangun datar. Hasil uji coba kelompok kecil diperoleh persentase rata-rata penilaian sebesar 82,92% dengan kriteria interpretasi sangat valid dan hasil uji coba kelompok besar diperoleh persentase rata-rata penilaian sebesar 87,88% dengan kriteria interpretasi sangat valid. Selain itu, hasil validasi ahli materi diperoleh persentase rata-rata penilaian komponen sebesar 88,16% dengan kriteria interpretasi sangat valid dan hasil penilaian yang diperoleh dari validasi ahli media diperoleh persentase rata-rata penilaian komponen sebesar 91,07% dengan kriteria interpretasi sangat valid sehingga dapat digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran bangun datar di Sekolah Dasar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...