Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol. 3 No. 02 (2023): Artikel Riset Agustus 2023

Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi

Hestriana Simatupang (Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar)
Binsar Tison Gultom (Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar)
Benjamin Albert Simamora (Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XII IPS SMA Negeri 2 Pematang Siantar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan analisis data deskriptif kuantitatif, dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas XII IPS SMA Negeri 2 Pematang Siantar dan sampel penelitian juga seluruh siswa kelas XII IPS SMA Negeri 2 Pematang Siantar yang terdiri dari 129 siswa yang dipilih dengan menggunakan Nonprobability Sampling (sampling jenuh). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan disiplin belajar terhadap hasil belajar, hasil ini terlihat pada uji t dimana nilai thitung disiplin belajar (4,361) > nilai ttabel (1,65704) yang berarti pada variabel tersebut signifikan. (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan lingkungan belajar terhadap hasil belajar, hasil ini terlihat pada uji t dimana nilai thitung dari lingkungan belajar (3,621) > nilai ttabel (1,65704) yang berarti pada variabel tersebut signifikan. (3) Disiplin belajar dan lingkungan belajar secara bersama-sama mempengaruhi hasil belajar, hasil ini dapat dilihat pada uji F dimana nilai Fhitung (10,077) > dibandingkan nilai Ftabel (3,07). Uji koefisien determinasi R Square diketahui sebesar 0,138 yang berarti 13,8% variabel disiplin belajar dan lingkungan belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di sekolah SMA Negeri 2 Pematanng Siantar dan selebihnya 86,2% merupakan pengaruh dari variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

educendikia

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan multi-disiplin ilmu, baik pembelajaran dalam jaringan juga luar jaringan, merdeka belajar, pengembangan metode belajar pembelajaran terkini yang merujuk pada semua tingkat usia dan yang berkaitan dengan ...