Tujuan dilaksanakan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pengaruh media pembelajaran boneka wayang panggung cerita terhadap hasil belajar siswa materi toleransi di kelas 2 SDN 2 Pengadilan. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) menggunakan desain Pretest-Posttest Nonequivalent control group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas II dengan jumlah 25 siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sampling jenuh, cara pengambilan sampelnya secara random, yang menghasilkan 12 siswa kelas eksperimen dan 13 siswa kelas kontrol. Objek penelitian ini adalah hasil belajar materi toleransi menggunakan media pembelajaran. Untuk menguji validitas instrumen dalam penelitian ini menggunakan validitas konstrak dengan menggunakan pendapat ahli (expert jugdement) dan validitas diisi dengan menguji cobakan ke sekolah yang berbeda. Data hasil penelitian diperoleh dari tes hasil belajar, dan dianalisis secara deskriptifkuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa t hitung sebesar 3.351 dengan probabilitas signifikansi (two tailed) 0,000, karena signifikansi (two tailed) ½ a (0,05), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Bearti terdapat pengaruh media pembelajaran boneka wayang panggung cerita terhadap hasil belajar siswa pada materi toleransi kelas II SDN 2 Pengadilan. Halitu juga didukung oleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 79.17 lebih besar dari pada kelas kontrol yaitu sebesar 63.85. Terlihat ada perbedaan, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media boneka wayang panggung cerita berpengaruh terhadap hasil belajar siswa materi toleransi kelas II SDN 2 pengadilan.
Copyrights © 2023