JLEB: Journal of Law, Education and Business
Vol 1, No 2 (2023): Oktober 2023

Pengembangan Modul Berbasis Problem Based Learning pada Materi Zat Aditif dan Zat Adiktif

Conny Fresh Junardin Syukur Mania Lase (Universitas Nias)
Desman Telaumbanua (Universitas Nias)
Natalia Kristiani Lase (Universitas Nias)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi peneliti di SMP Negeri 1 Gunungsitoli Idanoi bahwa dalam kegiatan proses pembelajaran pemahaman dan hasil belajar peserta didik masih rendah dan bahan ajar yang digunakan belum merangsang pola pikir peserta didik. Tujuan penelitian: Menghasilkan modul pembelajaran berbasis Problem Based Learning pada mata pelajaraan IPA; Mengetahui kelayakan penyajian oleh validator ahli materi, bahasa, dan desain; Mengetahui kepraktisan modul berbasis Problem Based Learning pada mata pelajaraan IPA; Mengetahui efektivitas modul pembelajaran berbasis Problem Based Learning pada mata pelajaraan IPA. Penelitian ini menggunakan desain model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap antara lain yaitu: Analisis (analyze), Perancangan (design), Pengembangan (development), Implementasi (implementation), Evaluasi (evaluation). Uji coba produk dilaksanakan di SMP Negeri 1 Gunungsitoli Idanoi pada kelas VIII Tahun Pelajaran 2022/2023. Hasil penelitian: (1) Kelayakan penyajian oleh ahli materi pertama persentasenya yaitu 84,72% kriterianya valid, oleh ahli materi kedua persentasenya yaitu 81,94% kriterianya valid, oleh ahli bahasa persentasenya yaitu 84,62% kriterianya valid, dan oleh ahli desain persentasenya yaitu 82,29% kriterianya valid; (2) Respon peserta didik terhadap modul IPA berbasis Problem Based Learning pada uji perseorangan diperoleh rata-rata persentasenya yaitu 72,22% kriterianya praktis, pada uji coba kelompok kecil persentasenya yaitu 79,67% kriterianya praktis, dan pada uji lapangan persentasenya yaitu 88,53% kriterianya sangat praktis; (3) Efektivitas modul IPA berbasis Problem Based Learning diperoleh dari hasil pemberian tes belajar kepada peserta didik, diperoleh persentase ketuntasan belajar peserta didik yaitu 84,62% dengan kriteria sangat tinggi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jleb

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Journal of Law, Education, and Business dengan nomor terdaftar E-ISSN 2988-1242 (online) dan P-ISSN 2988-604X (Cetak) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. JLEB bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian asli dan review hasil penelitian tentang: 1. ...