Journal of Law, Education and Business
Vol 1, No 2 (2023): Oktober 2023

Analisis Kemampuan Numerasi Berdasarkan Asesmen Diagnostik Tipe Kepribadian Siswa

Ahsyariyah Zulfi Hafidhoh (Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Teguh Wibowo (Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Riawan Yudi Purwoko (Universitas Muhammadiyah Purworejo)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan numerasi siswa SMP berdasarkan tipe kepribadian thinking dan feeling. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP tahun ajaran 2022/2023, yaitu 2 siswa dengan tipe kepribadian thinking dan 2 siswa dengan tipe kepribadian feeling. Teknik pengambilan subjek yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Pemilihan subjek dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan numerasi konten ruang dan bentuk (space and shape) yang didasarkan pada hasil angket asesmen diagnostik tipe kepribadian untuk mengelompokkan siswa yang memiliki tipe kepribadian thinking dan feeling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan soal tes kemampuan numerasi konten ruang dan bentuk (space and shape), terdapat sebagian kemampuan numerasi yang tidak dapat terpenuhi oleh siswa dengan tipe kepribadian thinking dan tipe kepribadian feeling. Siswa dengan tipe kepribadian thinking tidak dapat menafsirkan hasil analisis untuk menjawab pertanyaan dengan benar. Sedangkan siswa dengan tipe kepribadian feeling tidak dapat menafsirkan dan menggunakan representasi berdasarkan sumber informasi dengan benar. Jadi, terdapat perbedaan kemampuan numerasi antara siswa dengan tipe kepribadian thinking dan tipe kepribadian feeling.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jleb

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Journal of Law, Education, and Business dengan nomor terdaftar E-ISSN 2988-1242 (online) dan P-ISSN 2988-604X (Cetak) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. JLEB bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian asli dan review hasil penelitian tentang: 1. ...