Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan numerasi siswa SMP berdasarkan tipe kepribadian thinking dan feeling. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP tahun ajaran 2022/2023, yaitu 2 siswa dengan tipe kepribadian thinking dan 2 siswa dengan tipe kepribadian feeling. Teknik pengambilan subjek yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Pemilihan subjek dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan numerasi konten ruang dan bentuk (space and shape) yang didasarkan pada hasil angket asesmen diagnostik tipe kepribadian untuk mengelompokkan siswa yang memiliki tipe kepribadian thinking dan feeling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan soal tes kemampuan numerasi konten ruang dan bentuk (space and shape), terdapat sebagian kemampuan numerasi yang tidak dapat terpenuhi oleh siswa dengan tipe kepribadian thinking dan tipe kepribadian feeling. Siswa dengan tipe kepribadian thinking tidak dapat menafsirkan hasil analisis untuk menjawab pertanyaan dengan benar. Sedangkan siswa dengan tipe kepribadian feeling tidak dapat menafsirkan dan menggunakan representasi berdasarkan sumber informasi dengan benar. Jadi, terdapat perbedaan kemampuan numerasi antara siswa dengan tipe kepribadian thinking dan tipe kepribadian feeling.
Copyrights © 2023