Penelitian ini bertujuan untuk melatih keterampilan mahasiswa dalam proses pembelajaran profesional calon guru Pedidikan Sejarah terutama dalam menyiapkan mahasiswa pada Pengenalan Lingkungan Persekolahan (PLP). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif. Adapun Langkah-langkahnya yaitu; (1) Identifikasi masalah; (2) Literature riview (penelusuran pustaka); (3) Menentukan tujuan penelitian; (4) Pengumpulan data; (5) Analisis dan interpretasi data; (6) Pelaporan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa semester VI yang akan melaksanakan PLP di semester VII Sebagian besar tidak siap untuk melaksanakan praktik, hal ini dapat dilihat dari kesiapan mereka dalam melaksanakan praktik pada mata kuliah Micro teaching serta kesiapan mahasiswa dalam menggunakan perangkat serta materi ajar yang akan disampaikan pada peserta didik. Kesimpulannya bahwa dengan adanya mata kuliah Micro Teaching pada kurikulum di Program Studi Pendidikan Sejarah sangat membatu mahasiswa pendidikan sejarah yang akan melaksanakan PLP di sekolah baik SMP maupun SMA.
Copyrights © 2023