Desa Sumberejo Kulon memiliki berbagai potensi yang belum dikembangkan dengan baik. Beberapa diantaranya adalah ikan kolam air tawar. Salah satu andalan BUMDes Sumber Mulyo milik Desa Sumberejo Kulon adalah wisata kuliner Mbalong Kawuk. Permasalahan Mitra adalah Mbalong Kawuk tidak memiliki produk khas yang cukup mumpuni yang sesuai dengan perkembangan zaman dan Mitra tidak memiliki kemampuan untuk mempromosikan produk BUMDes. Berdasarkan permasalahan yang dihadapi mitra maka solusi yang diusulkan adalah demo memasak sekaligus pelatihan pengolahan menu masakan dari sumber daya alam desa serta penyuluhan digital marketing. Kegiatan pengabdian berjalan dengan lancar dan baik. Pada kegiatan demo memasak, masakan yang didemokan adalah gurami asam manis, rolade patin, tahu bakso patin. Demo memasak dilaksanakan dan diikuti oleh 15 orang. Metode kedua adalah penyuluhan digital marketing yang dihadiri oleh 38 orang. Tujuan diadakan pelatihan digital marketing adalah untuk membantu mempromosikan produk Bumdes atau UMKM para masyarakat sendiri. Sebelum kegiatan, tim melakukan pendataan dan tercatat hanya 10.52% peserta yang memahami konsep digital marketing melalui media sosial. Setelah pelatihan dilangsungkan, tim kembali melakukan pendataan, dan terdapat peningkatan signifikan yakni 92.10% peserta memahami digital marketing melalui media sosial.
Copyrights © 2023