Dalam era globalisasi dan kemajuan teknologi yang pesat, perkembangan usaha memerlukan strategi yang tepat untuk memikat pelanggan. Untuk itu perlu dilakukan penelitian untuk mengungkap apakah harga, promosi, dan kualitas pelayanan berpengaruh parsial maupun bersama-sama terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian berlangsung dari Juni 2022 hingga Desember 2022, dengan sampel pelanggan Elmayudia Makeup Kediri sebanyak 93 responden. Metode deskriptif kuantitatif digunakan dalam penelitian ini, dengan melibatkan observasi, wawancara, dan angket dalam pengumpulan data. Analisis dilakukan melalui regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan berpengaruh secara parsial signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. Hal tersebut ditunjukan oleh nilai signifikansi dibawah 0,05. Secara bersama-sama variabel tersebut memiliki pengaruh terhadap kepuasan pelanggan dengan besarnya pengaruh sebesar 30,1%. Perusahaan sebaiknya memberikan kotak saran ataupun kontak yang dapat dihubungi oleh konsumen ketika konsumen bertanya ataupun memberikan keluhan mengenai kualitas pelayanan maupun harga yang diberikan supaya harga dan pelayanan yang diberikan oleh perusahaan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan
Copyrights © 2023