Jurnal Manajemen dan Inovasi (MANOVA)
Vol. 6 No. 2 (2023): Juli

Analisis Pengaruh Product Quality dan Custumer Satisfaction Terhadap Customer Loyalty Pada Pengguna Skincare AVOSKIN

Siti Wiji Utami (Universitas Trisakti)
Sri Vandayuli Riorini (Universitas Trisakti)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Product Quality dan Customer Satisfaction terhadap loyalitas pengguna skincare Avoskin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh positif Product Quality terhadap Customer Loyalty yang dimediasi oleh Customer Satisfaction. Sampel yang diambil dengan kriteria individu yaitu individu yang tinggal di Jakarta dan telah mencoba dan membeli produk perawatan kulit Avoskin. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan kepada 125 responden. Berdasarkan jangka waktunya, data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah Cross Sectional. Metode analisis yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Product Quality berpengaruh positif (langsung) terhadap Customer Satisfaction, Product Quality juga berpengaruh positif terhadap Customer Loyalty melalui peran Customer Satisfaction. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada pengelola skincare Avoskin di Indonesia mengenai faktor-faktor yang perlu diperhatikan untuk mencapai dan mengelola loyalitas konsumen. Diantaranya adalah Product Quality dan Customer Satisfaction yang dapat membantu perusahaan mencapai loyalitas merek.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

MANOVA

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Fokus jurnal ini berkaitan berbagai tema dan topik yang terkait dengan aspek dari manajemen, seperti : Manajemen Pemasaran Manajemen Keuangan, Manajemen Sumber Daya Manusia Manajemen Strategik Manajemen Operasional Manajemen Rantai Pasokan dan Ilmu Manajemen ...