Kurikulum merupakan salah satu komponen yang mempunyai peranan penting dalam sistem pendidikan, karena kurikulum tidak hanya dirumuskan tentang tujuan yang ingin dicapai sehingga memperjelas arah pendidikan, tetapi juga memberikan pemahaman tentang pengalaman belajar yang harus dimiliki oleh setiap peserta didik. memiliki. Permasalahan yang ditemukan di lapangan adalah guru yang mengajar mata pelajaran PAI saat masuk tidak memberikan materi, hanya bercerita, disuruh banyak mencatat dan saat menjelaskan tidak sesuai dengan yang dicatat siswa, tidak menggunakan media. dalam pembelajaran, ketika memberikan evaluasi terhadap materi tidak sesuai dengan materi yang diajarkan dan tingkat pendidikan siswa. Kebutuhan mendesak untuk konten kurikulum diakui untuk memenuhi tujuan pendidikan. Garis besar konten kurikulum memberikan solusi untuk pertanyaan, "Materi pelajaran apa yang harus diajarkan kepada siswa agar tujuan tercapai?" Akibatnya, konten, yang berasal dari pengetahuan disipliner atau transdisipliner, merupakan komponen kunci dari kurikulum. Materi kurikulum telah berkembang dari waktu ke waktu seiring dengan perluasan pengetahuan masyarakat. Secara implisit, penulis menunjukkan pentingnya materi dalam membantu siswa memperoleh informasi, keterampilan, dan sikap yang berlaku untuk kapasitas dan ekonomi global serta masyarakat lokal, nasional, dan internasional. Dalam perjalanannya, konten kurikulum berkaitan erat dengan kegiatan pembelajaran sebagai sarana pengantar pemahaman konsep sehingga dapat menjadi kompetensi yang dimiliki dan menjadi habits bagi siswa sebagai wujud pencapaian tujuan kurikulum
Copyrights © 2023