Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)
Vol. 4 No. 6 (2023): Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)

Analisis Antusiasme Belanja Online melalui Sales Promotion, E-commerce Shopping Motivation, dan Lifestyle Shopping dengan Consumptive Behaviour sebagai Variabel Intervening (Study pada Pengguna E-commerce Shopee di Kota Surabaya)

Rosa Maulida Mardzatus Solikha (Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur)
Nurul Azizah (Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2023

Abstract

Perkembangan bisnis digital yang begitu pesat telah merubah perilaku belanja masyarakat yang semula offline menjadi online. Tingkat belanja online masyarakat Indonesia di e-commerce menduduki peringkat satu dunia yang menandai bahwa antusiasme belanja online juga tinggi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan menganalisis secara mendalam antusiasme belanja online melalui sales promotion, e-commerce shopping motivation, dan shopping lifestyle dengan consumptive behaviour sebagai variabel intervening. Populasi penelitian ini adalah pengguna Shopee di Surabaya dengan sampel sebanyak 130. Teknik pengambilan sampel dengan teknik probability sampling dengan metode purposive sampling. Analisis data menggunakan regresi linear berganda melalui smart PLS 4.0. Hasil penelitian adalah sales promotion dan e-commerce shopping motivation berpengaruh tidak signifikan terhadap consumptive behaviour; shopping lifestyle berpengaruh signifikan terhadap consumptive behaviour; consumptive behaviour, e-commerce shopping motivation, dan shopping lifestyle bepengaruh signifikan terhadap antusiasme belanja online; sales promotion berpengaruh tidak signifikan terhadap antusiasme belanja online; sales promotion dan e-commerce shopping motivation berpengaruh tidak signifikan terhadap antusiasme belanja online melalui consumptive behaviour; shopping lifestyle berpengaruh signifikan terhadap antsuaisme belanja online melalui consumptive behaviour.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

msej

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) is published by Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI) as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of management (Finance, Human Resource, ...