Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan
Vol 3, No 1 (2023): Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN SASIS SEPEDA MOTOR KELAS XI TEKNIK DAN BISNIS SEPEDA MOTOR SMK NEGERI 1 MUARA MUNTAI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING

Masyudi Masyudi (SMK NEGERI 1 MUARA MUNTAI)
Saharuna Saharuna (Universitas Negeri Makassar)
Mansyur Mansyur (Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 10 Makassar)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2023

Abstract

Dalam penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pemeliharaan sasis sepeda motor di kelas XI Teknik dan Bisnis Sepeda Motor SMK Negeri 1 Muara Muntai. Kegiatan ini masuk dalam penelitian tindakan  kelas dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Untuk subyek yaitu siswa kelas XI Teknik dan Bisnis Sepeda Motor  berjumlah 6 siswa. Penelitian menggunakan dua siklus dengan teknik pengambilan data tes hasil belajar dan dokumentasi. Penelitian pada mata pelajaran pemeliharaan sasis sepeda motor menggunakan model Problem Based Learning ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dilihat dari hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata sebesar  62,8 presetase kentuntasan 33,34% dan pada siklus II rata-rata kelas menjadi 85,77 dengan ketuntasan 83,35%. Hasil belajar siswa memenuhi batas indikator keberhasilan 75%. Hal ini dikarenakan pada siklus II dilakukan perubahan perbaikan model pembelajaran menggunakan Problem Based Learning yaitu menyampaikan masalah yang nyata dan menampilkan benda aslinya secara langsung untuk dipraktikkan membuat peserta didik cepat memahami materi, perubahan ini berdasarkan refleksi pada siklus sebelumnya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

progresif

Publisher

Subject

Education Other

Description

urnal Pendidikan dan Profesi Keguruan menerbitkan naskah hasil penelitian dan review literatur dalam bidang ilmu pendidikan, profesi keguruan, dan pembelajaran teknologi dan ...