Jurnal Smart Paud
Vol. 6 No. 2 (2023): July 2023

Penerapan Pendekatan Lingkungan dalam Mengembangkan Kecerdasan Naturalis Anak (Studi Kualitatif Pada Anak Usia 5-6 Tahun)

Khairunnisa Aulia Putri (Universitas Pendidikan Indonesia)
Suci Utami Putri (Universitas Pendidikan Indonesia)
Jojor Renta Maranatha (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Kecerdasan naturalis sangat penting untuk dikembangkan sejak usia dini agar anak menjadi peka terhadap lingkungan sekitarnya, memiliki minat dalam menjaga alam, serta bertanggung jawab untuk merawat dan memelihara hewan dan tumbuhan. Pembinaan kecerdasan naturalis sejak dini tentunya harus dilakukan dengan cara atau metode yang menarik agar anak senang mengikuti dan melakukan hal-hal yang dapat meningkatkan kecerdasan naturalisnya salah satu metode atau cara yang menarik adalah dengan pendekatan Lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan pendekatan lingkungan dalam mengembangkan kecerdasan naturalis anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian menujukan bahwa proses penerapan pendekatan lingkungan dalam mengembangkan kecerdasan naturalis anak di sekolah alam Cibinong Bogor ini terintegrasi didalam dan diluar pembelajaran, didalam pembelajaran hal tersebut ditunjukan dengan metode bermain peran menjadi polisi sampah, kegiatan outing class ke TPA, dan kegiatan berocok tanam. Dan untuk diluar pembelajaran adalah dengan adanya kegiatan day camp. Sekolah alam ini juga memiliki faktor sarana dan prasarana yang mendukung untuk penerapan pendekatan lingkungan dalam mengembangkan kecerdasan naturalis anak seperti adanya kolam ikan, kolam pasir, sekolah dan ruang kelas yang di desain dengan terbuka dan di keliling oleh pohon di halamanya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Smart PAUD contains research articles in the field of early childhood education with focus and coverage including curriculum, early childhood development, education management, teaching materials, learning Media, learning assessments, strategies/models/methods/approaches/learning techniques, ...