TARBIYATUNA
Vol. 16 No. 2 (2023): AGUSTUS

Implementasi Ekstrakurikuler Baca Yasin Dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa

Moh. Wardi (Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan Sumenep, Indonesia)
Windi Nur Aindah (Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan Sumenep, Indonesia)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini membahas tentang karakter religius yang menjadi ketaatan dan kepatuhan dalam memahami dan melaksanakan ajaran agama dan melalui kegiatan ekstrakurikuler. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, obervasi dan dokumentasi. Informan penelitian terdiri dari pengasuh, kepala sekolah dan guru. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis data kasus tunggal (single case design) dengan model analisis data yang diperkenalkan oleh Miles dan Hiberman, terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi ekstrakurikuler baca yasin dalam pembentukan karakter religius siswa Madrasah Diniyah Takmiliyah Al-Azhar Aengdake Bluto Sumenep Tahun 2022 dilakukan dalam serangkaian kegiatan membaca syahadatain dan juga surat-surat pendek dilanjutkan dengan membaca asmaul husna sebanyak tiga kali dan juga do’a bersama, dimulai pukul 18.45 s/d 19.30 WIB, kegiatan ini dilaksanakan dipimpin oleh guru sekaligus menjadi imam, kegiatan ini merupakan salah satu cara untuk mendisiplinkan siswa dalam beribadah. Kontribusi dari implementasi kegiatan ekstrakurikuler baca yasin dalam pembentukan karakter religius siswa Madrasah Diniyah Takmiliyah Al-Azhar adalah siswa memiliki adab yang baik, sikap disiplin, sikap tawadhu’ dan siswa memiliki sikap saling menghargai antar sesama.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

tarbiyatuna

Publisher

Subject

Education

Description

Tarbiyatuna adalah jurnal ilmiah yang memuat artikel-artikel tentang pendidikan Islam, pendidikan Agama Islam dan bahkan manajemen Pendidikan Islam. Dimaksudkan sebagai wahana pemikiran kritis dan terbuka bagi semua kalangan baik akademisi, agamawan, intelektual, mahasiswa dengan spesifikasi kajian ...