Borneo Journal of Science and Mathematics Education
Vol 3 No 3 (2023): Borneo Journal of Science and Mathematics Education, October 2023

The Validitas Modul Keanekaragaman Hayati Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Siswa Fase E

Risa Indriana Sari (Universitas PGRI Sumatera Barat)
Evrialiani Rosba (Universitas PGRI Sumatera Barat)
Zikra zikra (Universitas PGRI Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
07 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul keanekaragaman hayati berbasis pendekatan saintifik untuk siswa fase E yang valid. Jenis penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan 4-D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Penelitian ini hanya sampai tahap pengembangan yaitu tahap uji validitas. Instrument penelitian menggunakan angket yang terdiri dari 4 aspek penilaian diantaranya kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikan. Pengujian angket dilakukan pada 4 orang ahli. Teknik analisis data meliputi data primer yang diperoleh dari kuesioner yang di isi oleh validator dan dianalisis menggunakan skala likert. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh validitas dari empat aspek yaitu kelayakan isi sebesar 89 % dengan kriteria sangat valid, aspek kebahasaan 93 % dengan kriteria sangat valid, aspek penyajian 88 % kriteria sangat valid dan aspek kegrafikan sebesar 92 % dengan kriteria sangat valid. Hasil nilai dari keseluruhan untuk uji validitas modul diperoleh nilai 90 % dengan kriteria sangat valid. Dengan demikian kesimpulannya modul keanekaragaman hayati berbasis pendekatan saintifik untuk siswa fase yaitu sangat valid.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

bjsme

Publisher

Subject

Chemistry Education Health Professions Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Public Health

Description

Borneo Journal of Science and Mathematics Education the Journal published by Faculty of Education and Teacher Training of UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, Indonesia. It is a peer-reviewed open access journal in the fields of Islamic Education.The publication of an article in Borneo Journal ...