(PEJ) Primary Education Journal
Vol. 7 No. 1 (2023): 2023.1

VALIDITAS, PRAKTIKALITAS, DAN EFEKTIVITAS MODUL AJAR BERBASIS KONTEKSTUAL

Kiki Fatmawati (UIN STS Jambi)
M. Syahran Jailani (UIN STS Jambi)
Jum’atun Hasanah (UIN STS Jambi)
Rinja Efendi (STKIP Rokania)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2023

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa modul pembelajaran matematika berbasis kontekstual dan untuk mengetahui penilaian kelayakan modul pembelajaran matematika berbasis kontekstual. Model pengembangan yang digunakan diadaptasikan dari model pengembangan Plomp dengan lima fase yakni fase investigasi awal, fase desain, fase realisasi/konstruksi, fase tes evaluasi, dan revisi, serta fase implementasi. Kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan ditetapkan oleh peneliti. Validasi bahan ajar berupa modul memperoleh hasil analisis validitas oleh ahli materi didapat dengan rerata 4,40. ahli desain dengan rerata 4,75, dan ahli bahasa dengan rerata 4,90. Dengan rentang skor 4,20 ≤ N ≤ 5,00 yaitu pada kriteria “Sangat Valid”. Berdasarkan respon guru dan siswa terhadap modul yang dikembangkan terdapat penilaian pratikalitas oleh guru dengan rerata 4,71 pada rentang skor 4,20 ≤ N ≤ 5,00 yaitu “Sangat Praktis”. Dan hasil respon siswa terhadap pratikalitas dengan rerata 4,49 pada rentang skor 4,20 ≤ N ≤ 5,00 yaitu “Sangat Praktis.” Kemudian keefektifan dari modul dilihat dari hasil tes siswa dengan nilai rata-rata siswa 76,25 dan 77,70 dengan presentase ketuntasan 87,5% dan 91,67% dengan kategori “Sangat Baik” dan Efetkif.” Dengan demikian, hasil pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis kontekstual dikatakan valid, praktis dan efektif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

PEJ

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Naskah-naskah yang dimuat dalam jurnal ini berasal hasil penelitian maupun kajian kritis dari para peneliti maupun akademisi yang mencakup bidang pendidikan dasar/madrasah ibtidaiyah baik berupa kajian tentang kurikulum, pendekatan, strategi, metode, media ataupun teori pendidikan. Primary Education ...