PeTeKa
Vol 6, No 4 (2023): PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)

INKLUSIVITAS SEKOLAH MELALUI PENERAPAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS MULTIBUDAYA DAN KULTURAL (DI SMA BUDI MULIA TELUKJAMBE TIMUR KARAWANG)

Sidik Maulana Bahtiar (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Acep Nurlaeli (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Abdul Kosim (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah rasa kekhawatiran kepada setiap peserta didik yang berasal dari latar belakang yang berbeda bahkan peserta didik yang memiliki kebutuhan khusus sering kali harus menghadapi kesusahan dalam memperoleh pendidikan yang setara dan inklusif, bukan hanya itu karena adanya ketidak pahaman dan kurangnya toleransi akan perbedaan budaya pun membuat kekhawatiran tersendiri bagi siswa, dan orang tua. Menyadari akan pentinya pendidikan inklusif sebagai pondasi karakter yang toleran akan perbedaan maka penerapan Manajemen Pendidikan Islam berbasis multibudaya dan kultural sangat dibutuhkan oleh setiap lembaga pendidikan dikarenakan hal tersebut merupakan pondasi yang kokoh dalam membangun lingkungan pembelajaran yang inklusif dan dapat menghormati serta menghargai keberagaman yang berguna untuk sekarang dan masa yang akan datang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilaksanakan secara triangulasi dimana peneliti melakukan observasi turun kelapangan, lalu melakukan wawancara dengan beberapa narasumber sebagai validasi terkait fakta yang ada dan dokumentasi sebagai bukti penunjang. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, pengumpulan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Inklusivitas Sekolah melalui penerapan Manajemen Pendidikan islam berbasis Multibudaya dan kultural di SMA Budi Mulia Telukjambe Karawang melalui tiga tahap yaitu perencanaan, pengimplementasian dan pengkontrolan secara garis besar semuanya sudah cukup baik meskipun masih ditemukan sikap kurang toleransi kepada sesama teman yang berasal dari budaya yang berbeda, oleh karena itu pentinngya penerapan pendidikan islam yang inklusif pada setiap sekolah agar dapat melahirkan generasi yang memiliki karakter inklusif, toleran dan dapat menghargai segala perbedaan serta siap menghadapi tantangan zaman.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ptk

Publisher

Subject

Education

Description

PeTeka - Represents the Publication of Research Results from Lecturers, Teachers, Students and General in the field of Educational Science Special Class Action Research and Development Learning. Published by Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat (LP2M) University of Muhammadiyah South ...