Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memberikan wawasan secara komprehensif terkait komodifikasi religi pada iklan Marjan series “Baruna Sang Penjaga Samudra”. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif dengan menggunakan teori semiotik Roland Barthes untuk menganalisisnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada iklan Marjan series “Baruna Sang Penjaga Samudra” memanfaatkan nilai agama untuk diubah dan dijadikan sebagai bahan komersil. Nilai agama yang dimanfaatkan seperti berbuat baik pada orang lain, membentuk dan menjaga hubungan sesama manusia, menjaga kebersihan lingkungan, dan lainnya. Selain itu, iklan Marjan ini juga menggunakan cerita rakyat untuk mendukung latar belakang yang digunakan dalam iklan tersebut. Secara keseluruhan pemanfaatan nilai religi pada iklan Marjan edisi cerita rakyat ini berhasil dilakukan terutama penyampaian pesan didalamnya. Oleh karena itu, Nilai religi yang mestinya diposisikan sebagai nilai yang sakral serta digunakan untuk sarana mendekatkan diri pada Tuhan dan sesama, telah menjalani proses transformasi atau perubahan nilai fungsi sebagai nilai tukar yang sifatnya komersil seiring berkembangnya zaman seperti iklan Marjan edisi cerita rakyat ini.
Copyrights © 2023