Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 8 No. 2 (2023): Volume 08 No 02, September 2023

Pandangan Pengarang Tentang Rasisme Terhadap Masyarakat Kulit Hitam Amerika Dalam Novel Sing, Unburied, Sing, Karya Jesmyn Ward

Yudha Oka Pratama (Universitas Andalas)
Silvia Rosa (sylvierosha2@gmail.com)
Ferdinal Ferdinal (Universitas Andalas)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang pandangan pengarang tentang rasisme yang dilakukan orang kulit putih terhadap orang kulit hitam yang dimunculkan dalam novel Sing, Unburied, Sing karya Jesmyn Ward. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode dialektik. Metode dialektik bertujuan untuk melihat adanya kesamaan antara fenomena dalam karya sastra dengan unsur diluar karya sastra seperti bagian dari kehidupan pengarang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa novel Sing, Unburied, Sing merupakan pandangan pengarang tentang krisis kemanusiaan yang disebabkan oleh rasisme yang terjadi pada masyarakat kulit hitam di Amerika. Pertama, krisis kemanusiaan yang ditimbulkan oleh rasisme adalah hilangnya keadilan bagi orang kulit hitam dikarenakan kebijakan pemerintah. Kedua, hilangnya rasa kemanusiaan dikarenakan adanya perlakuan kekerasan terhadap orang kulit hitam, baik secara fisik ataupun maupun secara verbal. Ketiga, kuatnya cara pandang yang merendahkan diwujudkan dalam sikap penolakan yang dilakukan oleh orang kulit putih terhadap orang kulit hitam. Keempat, adanya sikap menguasai yang berlebihan yang diwujudkan dalam tindakan perampasan hak yang dilakukan oleh orang kulit putih terhadap orang kulit hitam. Berdarkan fakta yang disampaikan oleh pengarang melalui novel Sing, Unburied, Sing, hal tersebut merupakan suatu bentuk kritik tertulis terhadap ideologi rasisme yang masih hidup hingga saat ini di Amerika Serikat

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...