Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 8 No. 2 (2023): Volume 08 No 02, September 2023

HASRAT DIAN PURNOMO DALAM NOVEL PEREMPUAN YANG MENANGIS KEPADA BULAN HITAM: KAJIAN PSIKOANALISIS JACQUES LACAN

Febrieza Rahmadani (Universitas Andalas)
Zurmailis Zurmailis (Universitas Andalas)
Maizufri Maizufri (Universitas Andalas)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2023

Abstract

Tradisi 'Kawin Tangkap' di masyarakat Sumba yang sering kali melibatkan kekerasan terhadap perempuan dan merendahkan martabat mereka. Novel Perempuan yang Menangis Kepada Bulan Hitam menggambarkan kentalnya budaya yang membuat masyarakat mengabaikan larangan pemerintah sehingga membuat perempuan Sumba sulit melakukan perlawanan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif mendalam. Teori yang digunakan berangkat dari pendekatan psikoanalisis Jacques Lacan untuk memahami perjalanan emosional pengarang melalui tokoh-tokoh dalam novel, terutama Magi Diela. Melalui konsep hasrat, penelitian ini mengidentifikasi dua jenis hasrat utama yang mendominasi narasi, yaitu hasrat untuk menjadi perempuan modern yang mandiri (hasrat menjadi) dan hasrat untuk menjadi agen perubahan dalam masyarakat (hasrat memiliki). Magi Diela dan perempuan-perempuan lainnya melalui interaksi dengan Dangu Toda, Leba Ali dan Ama Bobo menjadi simbol bagi hasrat pengarang yang ingin memiliki identitas perempuan modern dalam masyarakat adat yang seharusnya menjaga kehormatan mereka sebagai perempuan. Kehadiran tokoh-tokoh lain yang muncul melalui penandaan tokoh utama menunjukkan bahwa Dian memiliki hasrat menjadi pembawa perubahan sebagai ‘orang luar’ masyarakat tersebut. Penekanan hal tersebut disampaikan melalui kesadaran tokoh Dangu Toda menyebutkan bahwa perubahan yang diharapkan hanya dapat terwujud melalui interaksi masyarakat tempat tinggalnya dengan lebih banyak pendatang yang singgah di tempat tingggalnya

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...