PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 12, No 2 (2023): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika

Hubungan self-efficacy, gender dan KAM terhadap kemampuan literasi matematis siswa SMP

Wini Astria Salam (UT Batam)
Abdul Mujib (Unknown)
Merry Noviyanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara self-efficacy, gender dan kemampuan awal matematis baik secara parsial maupun secara simultan dengan kemampuan literasi matematis siswa SMP. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausal. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 28 Batam, dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 88 siswa kelas VIII SMP yang ditentukan random sampling dengan cara mengundi perwakilan siswa tiap kelas. Instrumen penelitian berupa angket dan tes yang telah memenuhi kriteria valid dan reliabel. Data dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada hubungan yang positif dan signifikan antara self-efficacy dengan kemampuan literasi matematis siswa; (2) tidak ada hubungan yang signifikan antara gender dengan kemampuan literasi matematis siswa; (3) ada hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan awal matematis dengan kemampuan literasi matematis siswa; dan (4) ada hubungan self-efficacy, gender dan kemampuan awal matematis secara simultan (bersama-sama) dengan kemampuan literasi matematis siswa. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan self-efficacy, gender dan kemampuan awal matematis secara bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 38% terhadap kemampuan literasi matematis siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnalphythagoras

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Phytagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika is a peer review national journal. This journal is publishing high-quality articles in the field of mathematics education, both research and scientific studies. The aim of the journal is to publish and disseminate the current or new findings of ...