Penelitian ini adalah penelitian eksprimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan value clarification technique terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas IV SDN Ujung Salangketo Kecamatan Mare Kabupaten Bone. Tujuan penelitian adalah mengetahui gambaran hasil belajar PPKn siswa sebelun penerapan pendekatan value clarification technique terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas IV SDN Ujung Salangketo Kecamatan Mare Kabupaten Bone, mendeskripsikan gambaran hasil belajar PPKn siswa sesudah penerapan pendekatan value clarification technique terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas IV SDN Ujung Salangketo Kecamatan Mare Kabupaten Bone. Pendekatan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian eksprimen berbentuk quasi eksprimen (eksprimen semu). Variabel penelitian yaitu variabel bebas (pengaruh pendekatan value clarification technique) dan variabel terikat (hasil belajar PPKn). Populasi dan sampel 25 siswa, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini Tes dan Observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar PPKn siswa sebelum menggunakan pendekatan value clarification technique berada pada katagori kurang, dan hasil belajar PPKn siswa setelah menggunakan pendekatan value clarification technique berada pada katagori sangat baik.
Copyrights © 2023