Naturalistic : Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 8 No. 1 (2023): Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran

Kompetensi Literasi dan Numerasi Berbasis Education for Sustainable Development di Sekolah Dasar

Yayu Umul Umroh (Universitas Pendidikan Indonesia, Kampus Tasikmalaya, Indonesia)
Ghullam Hamdu (Universitas Pendidikan Indonesia, Kampus Tasikmalaya, Indonesia)
Akhmad Nugraha (Universitas Pendidikan Indonesia, Kampus Tasikmalaya, Indonesia)
Deni Hadiana (Pusat Riset Pendidikan, Badan Riset dan Inovasi Nasional)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi literasi dan numerasi berbaisis Education For Sustainable Development (ESD) di Sekolah Dasar. Metode Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian guru dan siswa kelas 4 di salah satu SD di Kabupaten Tasikmalaya. Pengambilan data melalui wawancara, studi dokumentasi, dan test. Soal tes yang saat ini dibuat dan dikembangkan oleh guru masih belum mengukur kompetensi literasi dan numerasi, tingkat kemampuan berfikirnya masih rendah, dan masih belum berbasis Education For Sustainable Development (ESD). Berdasarkan tes yang dilakukan melalui soal tes literasi dan numerasi berbasis ESD yang kemudian dianalisis melalui pemodelan Rasch melalui person measure berdasarkan perbandingan nilai standar deviasi dan nilai logit menunjukan bahwa abilitas peserta didik dalam kompetensi literasi dan numerasi berbasis ESD masih rendah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

naturalistic

Publisher

Subject

Education

Description

Lingkup artikel yang diterima adalah: 1. Metodologi Pembelajaran (Pendekatan, Media, Metode, Model, Strategi) 2. Pedagogik 3. Filsafat Pendidikan 4. Psikologi Pendidikan 5. Kurikulum 6. Pendidikan Agama 7. Pendidikan Dasar (Pendidikan dan Pembelajaran, IPA, IPS, PKn, B. Indonesia, Matematika, B. ...