Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha
Vol. 13 No. 2 (2023)

PENGGUNAAN MEDIA LECTORA INSPIRE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PERSUASI SISWA SMP NEGERI 7 SINGARAJA

Ni Luh Putu Susi Ardiningsih (Universitas Pendidikan Ganesha)
Kadek Wirahyuni (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Nyoman Yasa (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Penelitian tindakan kelas (PTK) ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis teks persuasi dengan menggunakan media Lectora Inspire pada siswa kelas VIII; mendeskripsikan peningkatan hasil belajar pada pembelajaran menulis teks persuasi dengan menggunakan media Lectora Inspire pada siswa kelas VIII; mendeskripsikan respons siswa terhadap penggunaan media Lectora Inspire dalam pembelajaran menulis teks persuasi di kelas VIII D SMP Negeri 7 Singaraja. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode tes, dan metode angket/kuisioner. Data dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan dekskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pelaksanaan pembelajaran yang tepat dalam penelitian ini ditekankan pada penegasan teknik-teknik penulisan yang kuat, kata-kata persuasif, dan bukti-bukti yang mendukung;  Penggunaan media Lectora Inspire juga dapat membantu meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks persuasi. Pada pratindakan skor rata-rata klasikal 61,91 (kurang), siklus I memperoleh nilai rata-rata klasikal 70,2 (cukup), sedangkan pada siklus II nilai rata-rata klasikal siswa menjadi 82 (baik); siswa memberikan tanggapan sangat positif terhadap penggunaan media Lectora Inspire dalam pembelajaran menulis teks persuasi, pada siklus I memperoleh rata-rata 23,3 (sangat positif) sedangkan pada siklus II memperoleh rata-rata 23,5 (sangat positif). Diharapkan kepada guru bahasa Indonesia di SMP Negeri 7 Singaraja agar menerapkan pembelajaran ini sesuai langkah yang ditemukan dalam penelitian.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JJPBS

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Indonesia Language ...