Penelitian ini bertujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui Pelaksanaan model pembelajaran Team Assisted Individulization (TAI) dengan materi pokok ketenagakerjaan, (2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A SMP Negeri 1 Huruna dengan jumlah 22 siswa. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh persetase ketuntasan dan ketidaktuntasan siswa setiap siklus, dimana pada siklus I persentase ketuntasan siswa sebesar 54,54% dan persentase ketidaktuntasan sebesar 45,46% sehingga rata-rata hasil belajar siswa sebesar 67,22. Sedangkan pada siklus II persentase ketuntasan siswa sebesar 90,90% dan persentase ketidaktuntasan sebesar 9,1% sehingga rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II adalah 80,22 hasil memuaskan. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Team Assisted Individulization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peneliti memberikan saran, hendaknya model pembelajaran ini digunakan sebagai media pembelajaran karena mampu meningkatkan hasil belajar siswa
Copyrights © 2023