Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya berbagai tafsiran mengenai konsep pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep pendidikan Islam dalam Al-Qur’an perspektif tafsir Ibnu Katsir. Pendekatan yang digunakan dalam melakukan penelitian ini yakni pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode studi kepustakaan serta tafsir tematik. Kemudian data dihimpun dari berbagai sumber yang relevan seperti Al-Qur’an, buku, dan artikel ilmiah yang selanjutnya dilakukan proses validasi data dengan cara mengumpulkan, membaca, mengklasifikasi, dan menyimpulkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; pertama, tafsir Ibnu Katsir sangat relevan dalam membahas konsep pendidikan Islam; kedua, himpunan ayat yang membahas pendidikan Islam yaitu Q.S Al-Maidah: 67, Q.S An-Nahl: 125, Q.S An-Nahl: 125, Q.S Al-Baqarah: 31-32; Q.S Luqman: 11-19; ketiga, konsep pendidikan Islam perspektif Tafsir Ibnu Katsir terdiri dari beragam indikator seperti manusia sebagai pelaku pendidikan Islam, tauhid berperan penting dalam keberhasilan pendidikan Islam, metode dalam pendidikan Islam harus dilakukan secara baik dengan keteladanan dan nasihat sehingga dapat terinternalisasi dalam kehidupan, pendidikan Islam berperan penting dalam membentuk pribadi Islami, dan setiap muslim berkewajiban menuntut ilmu sepanjang masa. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa memahami konsep pendidikan Islam harus bersumber dari Al-Qur’an yang mana tauhid sebagai inti ajarannya dan ilmu-ilmu keislaman sebagai pendukungnya.
Copyrights © 2023