JIPHO ( Jurnal Ilmiah Peternakan Halu Oleo)
Vol 5, No 4 (2023): JIPHO (Jurnal Ilmiah Peternakan Halu Oleo)

Karakterisasi Bakteri Sumber Kontaminasi pada Meat Cutting Table dari Tempat Pemotongan Ayam di Pasar Tradisional Kota Kendari

Miftahul Jannah (Fakultas Peternakan, Universitas Halu Oleo, Kampus Hijau Bumi Tridharma Jl. H. E. A. Mokodompit, Andonohu, Kendari, Sulawesi Tenggara, Indonesia 93232.)
Achmad Selamet Aku (Fakultas Peternakan, Universitas Halu Oleo, Kampus Hijau Bumi Tridharma Jl. H. E. A. Mokodompit, Andonohu, Kendari, Sulawesi Tenggara, Indonesia 93232.)
Fitrianingsih Fitrianingsih (Fakultas Peternakan, Universitas Halu Oleo, Kampus Hijau Bumi Tridharma Jl. H. E. A. Mokodompit, Andonohu, Kendari, Sulawesi Tenggara, Indonesia 93232.)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengkarakterisasi bakteri dari meat cutting table di pasar tradisional Kota Kendari, dengan menggunakan prosedur identifikasi bakteri melalui media EMBA. Sampel penelitian diambil dari 5 pasar yaituu pasar andonohu, pasar korem, pasar lapulu, pasar korem dan pasar baruga. Hasil peneilitian menunjukan bahwa terdapat bakteri pada meet cutting table. Bakteri yang terkontaminasi pada meet cutting table yaitu Escherichia coli, Salmonella sp. dan Pseudomonas sp. hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa meet cutting table yang terdapat pasar di Kota Kendari terkontaminasi oleh bakteri.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIPHO

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Ilmiah Peternakan Halu Oleo (JIPHO) adalah jurnal ilmiah bidang peternakan yang mencakup; pemuliaan dan genetika, reproduksi, fisiologi, nutrisi, teknologi pakan, hijauan pakan, produksi ternak, bioteknologi, tingkah laku, kesehatan, sistem peternakan, sosial ekonomi, kebijakan, dan teknologi ...