Biofarm : Jurnal Ilmiah Pertanian
Vol 19, No 2 (2023): BIOFARM JURNAL ILMIAH PERTANIAN

Pengaruh Macam-Macam Kombinasi Media Tanam dan Dosis Pupuk NPK Terhadap Pertumbuhan Rimpang Kunyit (Curcuma domestica Val.)

Hannugra Essa Alhaffiz (UNIVERSITAS SLAMET RIYADI)
Dewi Ratna Nurhayati (UNIVERSITAS SLAMET RIYADI)
Kharis Triyono (UNIVERSITAS SLAMET RIYADI)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2023

Abstract

Penelitian tentang “Pengaruh Macam – Macam Kombinasi Media Tanam Dan Dosis Pupuk NPK Terhadap Pertumbuhan Rimpang Kunyit (Curcuma domestica Val.)”, penelitian ini dilakukan di Kebun Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura, Kec. Colomadu, Kab. Karanganyar dari bulan Desember 2022 – Maret 2023. Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pemberian berbagai Media Tanam serta Dosis Pupuk NPK terhadap pertumbuhan rimpang kunyit (Curcuma domestica Val.) dan mencari komposisi Media Tanam untuk pertumbuhan tanaman Kunyit (Curcuma domestica Val.). Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial terdiri dari dua faktor. Faktor pertama pemberian berbagai macam Media Tanam (M) yang terdiri dari 4 taraf yaitu  (M0) Tanah (kontrol), (M1)Tanah + Sekam Padi, (M2)Tanah + Arang Sekam padi, (M3)Tanah + Cocopeat. Faktor kedua adalah pemberian Pupuk NPK (N) yang terdiri dari 4 taraf yaitu (N0) tanpa dosis (0 g/tanaman), (N1) 150kg/ha (5,39 g/tanaman), (N2) 200 kg/ha (7,19 g/tanaman), (N3) 250 kg/ha (8,99 g/tanaman). Data pengamatan di analisis dengan analisis sidik ragam (ANOVA) dan dilanjutkan dengan Uji BNJ dengan taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Perlakuan media tanam  berpengaruh nyata terhadap pengamatan berat basah brangkasan, tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman, jumlah daun, berat basah rimpang. 2) Perlakuan pupuk NPK berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman, jumlah daun, berat basah brangkasan, berat basah rimpang. 3) Interkasi antar perlakuan berpengaruh nyata terhadap jumlah daun, tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman, berat basah brangkasan, berat basah rimpang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

biofarm

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

BIOFARM Jurnal Ilmiah Pertanian merupakan jurnal ilmiah yang berisikan hasil penelitian dan kajian teoritis mengenai masalah-masalah pertanian secara luas (agrokompleks) di Indonesia diterbitkan oleh Fakultas Pertanian Universitas ...