JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 6 No. 10 (2023): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Peningkatan Keterampilan Menulis Ringkasan Teks Eksplanasi Melalui Penerapan Model Contextual Teaching and Learning (Penelitian Pra-Eksperimental di Kelas V SD Kristen Harapan Bagi Bangsa Jakarta)

Salwa Nur Albania (Universitas Pendidikan Indonesia)
Dian Indihadi (Universitas Pendidikan Indonesia)
Yusuf Suryana (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2023

Abstract

Penelitian skripsi ini dilatar belakangi dengan adanya permasalahan dimana kondisi pembelajaran Bahasa Indonesia dalam materi meringkas teks eksplanasi di sekolah SD Kristen Harapan Bagi Bangsa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional atau yang tidak sesuai sehingga banyak peserta didik di sekolah tersebut yang dalam proses pembelajarannya kurang aktif dan kurang mengerti dalam memahami materi pembelajaran sehingga membuat hasil belajar yang kurang memuaskan. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap peningkatan hasil belajar keterampilan menulis ringkasan teks eksplanasi pada peserta didik kelas V di SD Kristen Harapan Bagi Bangsa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Pre-Experimental Design bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini kelas V dengan jumlah 27 peserta didik yang mengikuti Pretest dan posttest. Hasil analisis yang diperoleh dengan program IBM SPSS statistics versi 25 menunjukkan skor rata-rata posttest peserta didik pada saat Pretest 10,62 dan pada saat posttest 17,37. Hasil pengujian menggunakan regresi linear sederhana diperoleh sig. (2-tailed) sebesar 0,00 < ?=0,05 dan pengaruh sebesar 26,9% dengan kesimpulan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima sehingga menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap peningkatan keterampilan menulis ringkasan teks eksplanasi kelas V di SD Kristen Harapan Bagi Bangsa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...