Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 11, No 3 (2023): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Efek Kepemimpinan Partisipatif Dalam Pengaruh Praktek Berbagi Pengetahuan Terhadap Kinerja

Teguh Trianung Djoko Susanto (Universitas Negeri Jakarta)
Evitha Soraya (Universitas Negeri Jakarta)
Aeng Muhidin (Universitas Pamulang)
Shinta Doriza (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2023

Abstract

Tantangan yang dihadapi SMK menuntut para guru untuk melakukan inovasi.  Untuk mendorong kinerja inovatif, dua faktor penting yang perlu dipertimbangkan adalah kepemimpinan partisipatif dan praktek berbagi pengetahuan di antara karyawan. Untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan partisipatif dan praktek berbagi pengetahuan terhadap kinerja inovatif, studi korelasional dilakukan. Survei melibatkan 268 guru SMK di DKI Jakarta. Hasil menunjukkan bahwa praktek berbagi pengetahuan dan kepemimpinan partisipatif terhadap kinerja inovatif. Pentingnya manajemen menyediakan sistem dan platform yang memfasilitasi praktek berbagi pengetahuan dan memberikan insentif yang cukup terhadap partisipasi dan kontribusi karyawan pada inovasi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...