Jurnal Edukasi Pengabdian Masyarakat: EDUABDIMAS
Vol 1 No 1 (2022): Vol 1 No 1 (2022)

SOSIALISASI MANAJEMEN KEUANGAN DAN MANAJEMEN PEMASARAN PADA KELOMPOK PKK DAN UMKM DI DESA KRANGGAN KECAMATAN NGAJUM KABUPATEN MALANG

Hendra Rustantono (Universitas Islam Raden Rahmat Malang)
Nur Al Maida (Universitas Islam Raden Rahmat Malang)
Hamidi Rasyid (Universitas Islam Raden Rahmat Malang)
Lailatul Rofiah (Universitas Islam Raden Rahmat Malang)
Wafiyatu Maslahah (Universitas Islam Raden Rahmat Malang)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2022

Abstract

Manajemen keuangan yang baik juga akan memperbaiki aspek pengendalian usaha, dimana pelaku UMKM dapat mengetahui apakah rencana keuangannya tercapai atau tidak serta membantu mencari tahu penyebabnya. Dalam strategi pemasaran diperlukan visi misi yang nantinya akan menjadi sebuah acuan tujuan yang baik dan mengarahkan para pelaku usaha untuk tetap berada pada jalur yang sesuai demi tercapainya tujuan. Tujuannya agar kelompok PKK dan UMKM dapat memanfaatkan yang telah diberikan agar dapat diaplikasikan dengan baik dan inovatif agar kedepannya bisa menjadi peluang untuk menambah penghasilan yang lebih memuaskan dan kesejahteraan hidup lebih menigkat. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah sosialisasi serta pendampingan dengan cara memberikan sosialisasi kepada kelompok PKK dan UMKM tentang manajemen keuangan dan manajemen pemasaran dan memberikan pendampingan dalam pemasaran dan keuangan pada kelompok PKK dan UMKM. Hasil dari sosialisasi ini pun melebihi perkiraan dari tim KKN-T kelompok 9, dikarenakan antusiasme peserta yang begitu besar. Walaupun dari segi isi dan materi mungkin masih banyak kekurangan, tetapi pada dasarnya peserta sudah mampu memahami inti dan tujuan diadakannya sosialisasi ini terutama dalam bidang usaha dari segi pemasaran dan pengelolaan keuangan yang baik. Manajemen keuangan yang baik juga akan memperbaiki aspek pengendalian usaha, dimana pelaku UMKM dapat mengetahui apakah rencana keuangannya tercapai atau tidak serta membantu mencari tahu penyebabnya. Dalam strategi pemasaran diperlukan visi misi yang nantinya akan menjadi sebuah acuan tujuan yang baik dan mengarahkan para pelaku usaha untuk tetap berada pada jalur yang sesuai demi tercapainya tujuan. Tujuannya agar kelompok PKK dan UMKM dapat memanfaatkan yang telah diberikan agar dapat diaplikasikan dengan baik dan inovatif agar kedepannya bisa menjadi peluang untuk menambah penghasilan yang lebih memuaskan dan kesejahteraan hidup lebih menigkat. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah sosialisasi serta pendampingan dengan cara memberikan sosialisasi kepada kelompok PKK dan UMKM tentang manajemen keuangan dan manajemen pemasaran dan memberikan pendampingan dalam pemasaran dan keuangan pada kelompok PKK dan UMKM. Hasil dari sosialisasi ini pun melebihi perkiraan dari tim KKN-T kelompok 9, dikarenakan antusiasme peserta yang begitu besar. Walaupun dari segi isi dan materi mungkin masih banyak kekurangan, tetapi pada dasarnya peserta sudah mampu memahami inti dan tujuan diadakannya sosialisasi ini terutama dalam bidang usaha dari segi pemasaran dan pengelolaan keuangan yang baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

eduabdimas

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Environmental Science

Description

Jurnal Edukasi Pengabdian Masyarakat: EDUABDIMAS adalah jurnal nasional yang berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa penerapan berbagai keilmuan multi disiplin. Jurnal ini berisi program-program pengabdian masyarakat dalam berbagai bentuk aksi sosial berupa pendampingan, ...