cover
Contact Name
Tety Nur Cholifah
Contact Email
eduabdi@uniramalang.ac.id
Phone
+6285735620790
Journal Mail Official
eduabdi@uniramalang.ac.id
Editorial Address
Jl. Raya Mojosari No.2, Dawuhan, Jatirejoyoso, Kec. Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65163
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Edukasi Pengabdian Masyarakat: EDUABDIMAS
ISSN : 29641381     EISSN : 2964139X     DOI : https://doi.org/10.36636/eduabdimas.v2i4
Jurnal Edukasi Pengabdian Masyarakat: EDUABDIMAS adalah jurnal nasional yang berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa penerapan berbagai keilmuan multi disiplin. Jurnal ini berisi program-program pengabdian masyarakat dalam berbagai bentuk aksi sosial berupa pendampingan, pelatihan, pemberdayaan dan lain-lain guna memecahkan berbagai permasalahan, baik yang bersifat individual maupun kolektif/berbasis komunitas.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 50 Documents
PELATIHAN MEMBATIK JUMPUTAN SEBAGAI SARANA MENUMBUHKAN KREATIVITAS SISWA SDN 1 MAGUAN KECAMATAN NGAJUM KABUPATEN MALANG Adzimatnur Muslihasari; Tety Nur Cholifah; Yulia Eka Yanti
Jurnal Edukasi Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 1 (2022): Vol 1 No 1 (2022)
Publisher : FIP UNIRA MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36636/eduabdimas.v1i1.1765

Abstract

Pelatihan membatik jumputan terhadap siswa SDN 1 Maguan bertujuan untuk  menumbuhkan kreativitas dan penguatan karakter pelajar Pancasila siswa. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat ini meliputi 3 tahap, yaitu: 1) tahap persiapan; 2) tahap pelaksanaan; dan tahap evaluasi. Persiapan yang dilakukan meliputi observasi kreativitas siswa dan program yang telah dilaksanakan sekolah, perencanaan format kegiatan pelatihan, penyusunan kepanitiaan, pemilihan pemateri, dan penyusunan rancangan anggaran belanja.  Hasil observasi menunjukkan bahwa di SDN 1 Maguan belum pernah dilaksanakan pelatihan membatik dan kreativitas siswa cenderung rendah jika dilihat dari hasil karya seni siswa. Adapun program pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan dengan format pelatihan melibatkan pemateri dari praktisi batik jumputan. Panitia pelaksana kegiaan ini adalah mahasiswa PGSD UNIRA. Program pelatihan membatik jumputan ini terlaksana dengan baik dan menghasilkan beberapa produk kain batik jumputan dengan pola beragam sesuai dengan kreativitas siswa. Rekomendasi yang bisa disampaikan kepada SDN 1 Maguan adalah merancang program lanjutan yang bersifat nyata untuk meningkatkan kreativitas siswa, misalnya dengan pelatihan membuat topeng malangan. Aktivitas nyata yang melibatkan koordinasi fisik dan mental siswa seperti membuat batik jumputan dan topeng malangan sangat bermanfaat untuk meningkatkan kreativitas siswa dan untuk meningkatkan cinta budaya bangsa yang selanjutnya tercermin dalam profil pelajar Pancasila.
SOSIALISASI MANAJEMEN KEUANGAN DAN MANAJEMEN PEMASARAN PADA KELOMPOK PKK DAN UMKM DI DESA KRANGGAN KECAMATAN NGAJUM KABUPATEN MALANG Hendra Rustantono; Nur Al Maida; Hamidi Rasyid; Lailatul Rofiah; Wafiyatu Maslahah
Jurnal Edukasi Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 1 (2022): Vol 1 No 1 (2022)
Publisher : FIP UNIRA MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36636/eduabdimas.v1i1.1766

Abstract

Manajemen keuangan yang baik juga akan memperbaiki aspek pengendalian usaha, dimana pelaku UMKM dapat mengetahui apakah rencana keuangannya tercapai atau tidak serta membantu mencari tahu penyebabnya. Dalam strategi pemasaran diperlukan visi misi yang nantinya akan menjadi sebuah acuan tujuan yang baik dan mengarahkan para pelaku usaha untuk tetap berada pada jalur yang sesuai demi tercapainya tujuan. Tujuannya agar kelompok PKK dan UMKM dapat memanfaatkan yang telah diberikan agar dapat diaplikasikan dengan baik dan inovatif agar kedepannya bisa menjadi peluang untuk menambah penghasilan yang lebih memuaskan dan kesejahteraan hidup lebih menigkat. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah sosialisasi serta pendampingan dengan cara memberikan sosialisasi kepada kelompok PKK dan UMKM tentang manajemen keuangan dan manajemen pemasaran dan memberikan pendampingan dalam pemasaran dan keuangan pada kelompok PKK dan UMKM. Hasil dari sosialisasi ini pun melebihi perkiraan dari tim KKN-T kelompok 9, dikarenakan antusiasme peserta yang begitu besar. Walaupun dari segi isi dan materi mungkin masih banyak kekurangan, tetapi pada dasarnya peserta sudah mampu memahami inti dan tujuan diadakannya sosialisasi ini terutama dalam bidang usaha dari segi pemasaran dan pengelolaan keuangan yang baik. Manajemen keuangan yang baik juga akan memperbaiki aspek pengendalian usaha, dimana pelaku UMKM dapat mengetahui apakah rencana keuangannya tercapai atau tidak serta membantu mencari tahu penyebabnya. Dalam strategi pemasaran diperlukan visi misi yang nantinya akan menjadi sebuah acuan tujuan yang baik dan mengarahkan para pelaku usaha untuk tetap berada pada jalur yang sesuai demi tercapainya tujuan. Tujuannya agar kelompok PKK dan UMKM dapat memanfaatkan yang telah diberikan agar dapat diaplikasikan dengan baik dan inovatif agar kedepannya bisa menjadi peluang untuk menambah penghasilan yang lebih memuaskan dan kesejahteraan hidup lebih menigkat. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah sosialisasi serta pendampingan dengan cara memberikan sosialisasi kepada kelompok PKK dan UMKM tentang manajemen keuangan dan manajemen pemasaran dan memberikan pendampingan dalam pemasaran dan keuangan pada kelompok PKK dan UMKM. Hasil dari sosialisasi ini pun melebihi perkiraan dari tim KKN-T kelompok 9, dikarenakan antusiasme peserta yang begitu besar. Walaupun dari segi isi dan materi mungkin masih banyak kekurangan, tetapi pada dasarnya peserta sudah mampu memahami inti dan tujuan diadakannya sosialisasi ini terutama dalam bidang usaha dari segi pemasaran dan pengelolaan keuangan yang baik.
PENDAMPINGAN BELAJAR MERAWAT DIRI DAN LINGKUNGAN MELALUI SETS LEARNING APPROACH UNTUK SISWA KELAS 2 SDN MODERN AL-RIFA’IE Andi Wibowo; Dyah Ayu Pramoda Wardhani
Jurnal Edukasi Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 1 (2022): Vol 1 No 1 (2022)
Publisher : FIP UNIRA MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36636/eduabdimas.v1i1.1767

Abstract

Program belajar merawat diri dan lingkungan bertujuan untuk memberikan sosialisasi kepada siswa kelas 2 SD Modern Al-Rifaie tentang cara merawat diri dan merawat lingkungan dengan baik. Cara merawat diri yang dibahas antara lain cara gosok gigi dan cuci tangan, sedangkan cara merawat lingkungan yang dibahas adalah tentang penanganan sampah. Program PkM ini dilaksanakan dengan pendekatan SETS yang meliputi tahap pendahuluan, tahap pembentukan dan pengembangan konsep, tahap aplikasi konsep, tahap pemantapan konsep, dan tahap penilaian. Metode-metode yang digunakan antara lain metode ceramah, diskusi, demonstrasi, dan tanya jawab. Teknik penilaian yang digunakan dengan teknik observasi. Hasil PkM yang diperoleh yaitu tingkat kesiapan siswa sebesar 74%, tingkat keaktivan siswa 52%, dan tingkat keterlibatan siswa 87% dalam kegiatan ini. Selain itu, siswa juga memperoleh pemahaman tentang cara merawat diri dan merawat lingkungan dengan baik.
WORKSHOP KETERAMPILAN MENULIS SOAL HOTS UNTUK PENDIDIKAN MADRASAH DI LINGKUNGAN YAYASAN MAARIF SE-KECAMATAN PAKIS MALANG Andi Wibowo; Adzimatnur Muslihasari; Tety Nur Cholifah; Lailatul Rofiah; Yulia Eka Yanti
Jurnal Edukasi Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 1 (2022): Vol 1 No 1 (2022)
Publisher : FIP UNIRA MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36636/eduabdimas.v1i1.1768

Abstract

Kegiatan workshop ini dilatarbekangi oleh kurangnya pemahaman guru terhadap karakteristik soal HOTS yang digunakan dalam penilaian pembelajaran. Tujuan kegiatan ini adalah mengembangkan keterampilan dan pemahaman guru terhadap penulisan soal-soal berpikir tingkat tinggi dalam praktik penilaian di sekolah sesuai dengan Kurikulum 2013. Kagiatan ini dilaksanakan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, hasil pelaksanaan, dan evaluasi program. Kegiatan workshop ini dilaksanakan bertempat di MI Al Hidayat, Bunutwetan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang. Hasil dari kegiatan ini yaitu meningkatnya pemahaman guru terhadap keterampilan menulis soal HOTS pada aspek-aspek ini yaitu (1) pemahaman tentang prinsip penilaian, (2) pemahaman tentang indikator dan kata kerja operasional, (3) pemahaman tentang HOTS, (4) pemahaman tentang teknik pengembangan soal, (5) pemahaman tentang instrumen penilaian, (5) pemahaman tentang teknik penskoran. Rata-rata peningkatan pemahaman guru sebesar 24%. Peningkatan ini diketahui dari saat skor pretes sebesar 62% dan ketika dilaksanakan postes skor menjadi 86%.
PELATIHAN PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN DARING YANG EFEKTIF DALAM MASA PANDEMI COVID 19 Hamidi Rasyid; Hendra Rustantono; Wafiyatu Maslahah; Lailatul Rofiah; Nur Al Maida
Jurnal Edukasi Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 1 (2022): Vol 1 No 1 (2022)
Publisher : FIP UNIRA MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36636/eduabdimas.v1i1.1769

Abstract

Kegiatan ini di latar belakangi keterlambatan guru untuk beradaptasi dengan pembelajaran online atau daring, hal itu disebabkan karena guru sebelumnya belum terbiasa dengan pembelajaran daring, akan tetapi dengan adanya wabah covid 19 dan peraturan pemerintah bahwa pembelajaran harus secara daring, maka kami mempunyai inisiatif untuk memberikan pelatihan kepada guru dalam menggunakan media daring yang efektif dalam masa pandemi Covid 19. Kegiatan ini dilakukan di ruang kelas MA Darul huda Klepu. Kegiatan ini dilaksanakan selama satu kali pertemuan dengan materi yaitu pelatihan menggunakan video pembelajaran KineMaster. Pesertanya terdiri dari Guru dan Kepala Sekolah. Hasil dari analisis kegiatan tersebut bisa disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman guru dalam menggunakan media pembelajaran daring dalam proses belajar mengajar, hal itu bisa terlihat dari kemampuan guru dalam membuat Video pembelajaran menggunakn KineMaster.
PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL BAGI GURU SDN 02 PALAAN MALANG Tety Nur Cholifah; Yulia Eka Yanti; Adzimatnur Muslihasari; Andi Wibowo
Jurnal Edukasi Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 1 (2022): Vol 1 No 1 (2022)
Publisher : FIP UNIRA MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36636/eduabdimas.v1i1.1770

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah memberikan pengembangan media pembelajaran interaktif adobe flash berbasis kearifan lokal bagi guru SDN 02 Palaan Malang. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode caramah dan tanya jawab dengan menggunakan pendekatan partisipatif aktif dan bimbingan tenknis. Pelaksanaan kegiatan ini pada hari senin, 23 Agustus 2022, tempat pelaksanaan program pengabdian masyarakat di lakukan Via Virtual dengan menggunakan aplikasi Google Meet. Peserta dalam pelatihan ini sebanyak 7 orang guru yang merupakan guru di SDN 02 Palaan Malang. Kegiatan pelatihan pengemabngan media pembelajaran interaktif adobe flash berbasis kearifan lokal sangat disarankan manfaatnya bagi guru-guru karena menambah wawasan dan pengetahuan mengenai jenis media pembelajaran khususnya media pembelajaran interaktif adobe flash berbasis kearifan lokal serta cara membuat media pembelajaran interaktif adobe flash berbasis kearifan lokal, serta mampu mengembangkan media tersebut yang lebih interaktif. Melalui pelatihan ini, peserta antusias dan semangat membuat dan mengembangkan media pembelajaran interaktif adobe flash berbasis kearifan lokal sesuai dengan materi pelajaran yang diajarkan masing-masing guru di sekolah.
REVITALISASI FUNGSI PARIWISATA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN EKONOMI DESA SITIARJO KECAMATAN SUMBERMANJING WETAN Yulia Eka Yanti; Tety Nur Cholifah; Andi Wibowo; Adzimatnur Muslihasari
Jurnal Edukasi Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 1 (2022): Vol 1 No 1 (2022)
Publisher : FIP UNIRA MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36636/eduabdimas.v1i1.1771

Abstract

Pariwisata ialah kegiatan yang bersifat sementara dengan melibatkan manusia yang melakukan perjalanan dari suatu tempat ke tempat lainnya tanpa bermaksud mencari nafkah. Desa sitiarjo terletak di daerah peisisir pantai yang memiliki beberapa potensi sumber daya alam berupa obyek wisata pantai selatan. Permasalahan yang terjadi di Desa Sitiarjo, potensi sumber daya manusia yaitu masyarakat sekitar kurang mengoptimalkan dan memanfaatkan potensi alam yang ada. Pengelolaan fasilitas yang kurang baik dan strategi promosi yang kurang memadai menjadikan wisata ini kurang diminati pengunjung. Pengabdian masyarakat yang dilakukan bersama dosen dan tim KKN-T Universitas Islam Raden Rahmat Malang ini bertujuan untuk melakukan revitalisasi fungsi pariwisata sebagai upaya peningkatan ekonomi Desa Sitiarjo kecamatan Sumbermanjing Wetan. Kegiatan ini meliputi 4 tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, hasil dan tindak lanjut. Hasil dari kegiatan ini masyarakat Desa Sitiarjo memperoleh pengetahuan mengenai pengelolaan website desa, strategi promosi melalui penulisan artikel berita, kelengkapan faslitas umum dalam mendukung protokol kesehatan di masa pandemi, serta pembuatan brosur dan flyer untuk media promosi baik secara online maupun offline. Kegiatan ini diharapkan mendapat tindak lanjut dari desa dan Pokdarwis. Perbaikan dan perawatan fasilitas secara berkesinambungan diperlukan agar wisata Teluk Asmara ini semakin diminati masyarakat luas sehingga memberikan dampak yang positif bagi perekonomian desa khususnya warga setempat.
PELATIHAN PEMBUATAN KERIPIK SINGKONG BERSAMA TIM PENGGERAK PKK DESA KRANGGAN KECAMATAN NGAJUM KABUPATEN MALANG Nur Al Maida; Hendra Rustantono; Hamidi Rasyid; Wafiyatu Maslahah; Lailatul Rofiah
Jurnal Edukasi Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 1 (2022): Vol 1 No 1 (2022)
Publisher : FIP UNIRA MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36636/eduabdimas.v1i1.1772

Abstract

Singkong adalah salah satu jenis umbi-umbian yang banyak tumbuh di Indonesia. Ia adalah tanaman perdu yang dapat hidup sepanjang tahun dan merupakan hasil pertanian kedua terbesar setelah padi. Keripik singkong merupakan salah satu olahan makanan ringan yang memiliki rasa yang khas dan renyah gurih dendang dimulut pada saat menikmati bersama keluarga. Tujuan dari kegiatan pelatihan ini adalah meningkatkan kompetensi ibu-ibu PKK dalam mengolah potensi Desa serta memaksimalkan alat-alat produksi yang telah disediakan oleh pemerintah Desa Kranggan Kecamatan Ngajum Kabupaten Malang. Metode yang digunakan dalam kegiatan pelatihan ini terdiri dari 4 tahap, yaitu sosialisasi, persiapan kegiatan, penyuluhan, dan pelatihan. Hasil kegiatan KKN-T UNIRA Malang secara garisbesar mencakup beberapa komponen Keberhasilan memenuhi target jumlah peserta pelatihan, ketercapaian tujuan pelatihan, ketercapaian target materi yang telah direncanakan, dan kemampuan peserta dalam penguasaan materi.
PERINTISAN OMAH KREATIF UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK-ANAK DUSUN GOMBLOH Lailatul Rofiah; Hendra Rustantono; Wafiyatu Maslahah
Jurnal Edukasi Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 1 (2022): Vol 1 No 1 (2022)
Publisher : FIP UNIRA MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36636/eduabdimas.v1i1.1773

Abstract

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Islam Raden Rahmat Malang merupakan wadah untuk dapat menyumbangkan pengetahuan secara langsung kepada masyarakat. Sebagai kegiatan kelompok yang terdiri dari berbagai disiplin ilmu, yang mana KKN-T Unira Malang diharapkan mampu untuk memberikan solusi serta membantu menangani masalah-masalah nyata yang sifatnya mejemuk secara terpadu dan interdisipliner. Kondisi masyarakat di Desa Druju tepatnya di Dusun Gombloh dari jam 6 pagi sampai jam 2 sore sangat sepi dikarenakan mayoritas masyarakat di sini sebagai pekerja, sebagian besar mata pencaharian masyarakat di Dusun Gombloh adalah berkebun dan buruh pabrik, sehingga berdampak kesulitan orang tua untuk mengajari atau mendampingi anak-anaknya dalam mengerjakan tugas sekolah. Melihat itu KKN-T Unira Malang terinspirasi dari Galeri Kreatif yang berada di daerah Bantur untuk menghidupkan kembali suatu wadah kelompok belajar yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Dusun Gombloh.  dalam menjalankan program ini kami menggunakan pendekatan Working Out Loud  (WOL ) memungkinkan pelaksanaan program dapat dilakukan secara kolaboratif-partisipatif bersama-sama dengan komunitas masyarakat penerima program. Dalam melaksanakan program ini kami menggunakan 4 tahap yaitu : perencanaan program,perintisan program, launching program,tindak lanjut program. Dari 4 tahap pelaksanaan yang kita gunakan untuk melaksanakan program Omah Kreatif Dusun Gombloh. Dapat di simpulkan bahwa Omah Kreatif dapat di gunakan sebagai wadah belajar dan mengembangkan bakat minat anak anak Dusun Gomblo.
SOSIALISASI BAHAYA GAME ONLINE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA Wafiyatu Maslahah; Lailatul Rofiah
Jurnal Edukasi Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 1 (2022): Vol 1 No 1 (2022)
Publisher : FIP UNIRA MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36636/eduabdimas.v1i1.1774

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bermula dari adanya permasalahan mengenai menurunnya prestasi siswa di MTs AL-Huda Wajak yang disebabkan oleh adanya kecanduan game online. Siswa menghabiskan waktunya untuk bermain game online. Hal ini menjadikan siswa menurun dalam prestasi. Tujuan dilakukan kegiatan pengabdian masyarakat ini supaya siswa mengetahui mengenai bahaya yang terjadi ketika mengalami kecanduan game online, khususnya terhadap prestasi. Metode yang dilakukan yakni dengan cara;1.) mengadakan kegiatan wawancara terhadap pihak madrasah mengenai permasalahan yang terjadi di madrasah. 2.) membahas mengenai solusi yang dilakukan untuk mengedukasi siswa, 3.) membentuk panitia kegiatan sosialisasi, 4.) mengadakan kegiatan sosialisasi, 5.) memberikan umpan balik untuk menggali pemahaman siswa dengan adanya sosialisasi tersebut. Hasil yang diperoleh yakni siswa ternyata belum memahami dampak yang diakibatkan dari kecanduan game online. Siswa menjadi lebih memahami cara mengatur waktu antara bermain game dengan kewajiban mereka belajar sehingga prestasi tetap baik dan bagus.