JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia)
Vol 9, No 4 (2023): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia)

Peran moderasi organizational citizenship behavior (OCB) pada pengaruh kompetensi dan knowlegde sharing terhadap kinerja

Tristiana Rijanti (Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang, Indonesia)
Lie Liana (Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang, Indonesia)
Bambang Suko Priyono (Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang, Indonesia)
Lisa Khoridatul Ainun Nadiroh (Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2023

Abstract

Perusahaan membutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas untuk menjalankan operasi perusahaan dan memenuhi tujuan yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran moderasi Organizational Citizenship Behavior (OCB) padaPengaruh Kompetensi dan Knowledge Sharing terhadap Kinerja di BPR BKK Pati (Perseroda). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai BPR BKK Pati (Perseroda) sejumlah 150 pegawai. Teknik sampling menggunakan random sampling dengan jumlah sampel 60 pegawai. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner dengan lima skala Likert. Data diolah menggunakan SPSS. Analisis regresi diugnakan untuk menguji pengaruh variabel tergantung terhadap variabel  bebas. Uji modersai dilakukan dengan melihat interaksi variabel moderasi dengan variabel tergantung terhadap variabel bebas. Hasil uji penelitian menunjukkan bahwa variabel kompetensi dan knowlegde sharing secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja, sedangkan variabel Organizational Citizenship Behavior (OCB)bukan variabel yang memoderasi pengaruh kompetensi terhadap kinerja namun merupakan variabel moderasi yang memperkuat pengaruh knowledge sharing terhadap kinerja. Sehingga dengan adanya knowledge sharing dapat dapat membantu karyawan memiliki kinerja diatas tuntunan yang diharapkan oleh perusahaan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education

Description

JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) ISSN: 2502-8103 (for electronic version) 2477-8524 (for print version). JPPI is a peer-reviewed, publishes research manuscripts in the field of education. The Focus and scope of the journals are to: 1) Provide a journal that reports research on topics ...