Proceeding of International Conference of Islamic Education
Vol. 1 (2023): Proceeding of International Conference of Islamic Education

IMAM GHOZALI’S TEACHING PRINCIPLES

Rokhimah, Siti (Unknown)
Khoir, Mulyanto Abdullah (Unknown)
Anshory, Muhammad Isa (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2023

Abstract

Pekerjaan besar bagi bangsa Indonesia adalah aspek pendidikan yang belum mampu memberikan hasil seperti yang diinginkan. Terutama dalam keseimbangan hasil belajar sesuai tujuan pendidikan yaitu mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat. Imam Al Ghozali adalah sember inspirasi atas pemikiran-pemikiran tentang konsep Pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemikiran-pemikiran Al Ghozali dalam prinsip mengajar. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif-eksploratif. Sumber data primer berasal dari buku Imam Ghozali “Ihya’ ‘ulum Ad Dien”. Sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari dokumen-dokumen lain yang berkaitan dengan fokus penelitian seperti jurnal, buku-buku, atau artikel. Teknik analisis data menggunakan analisis isi (content analysis). Analisis dilakukan dengan pembahasan yang mendalam terhadap isi yang tertulis pada sumber data primer dan sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prinsip-prinsip mengajar menurut Al-Ghozali adalah: 1) guru memiliki perasaan kasih sayang terhadap siswa; 2) sifat jujur dan tekun dalam belajar; 3) kewibawaan guru dan sifat tawadhu’ siswa; 4) guru memiliki dan menghormati ilmu yang luas; 5) proses pendidikan harus bertahap; 6) guru memahami kemampuan siswa; dan 7) memantau dan mendampingi siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

icie

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

International Conference on Islamic Education hosted by Institut Islam Mambaul Ulum Surakarta and designed to pull together a number of critical andcontemporary issues for Islamic Education researchers, practitioners, policy makers to share and ...