Pijar : Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 3 No. 2 (2023): September

Pengaruh Problem Based Learning Berbasis Game Kahoot Terhadap Kemandirian Peserta Didik Dalam Belajar

Dewi Wulandari (Universitas PGRI Kanjuruhan Malang)
Suparno Suparno (Universitas PGRI Kanjuruhan Malang)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini dibuat bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh problem based learning berbasis game kahoot terhadap kemandirian peserta didik dalam belajar. Dengan menggunakan desain eksperimen one group pretest posttest, penelitian dilakukan di kelas VII dengan jumlah peserta didik 23 siswa. Adapun teknik pengambilan sampel yaitu Sampling Purposive digunakan dalam menentukan sampel tertentu dengan pertimbangan dalam pemilihan subjeknya. Pertimbangan pemilihan subjek dimulai dengan adanya observasi, wawancara, eksperimen, kuisioner dan dokumentasi. Sedangkan untuk pengolahan data-data yang diperoleh dari lapangan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji hipotesis (t). Hasil dari pengujian tersebut diketahui bahwa nilai dari uji (t) Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) yang yang mana H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi artinya berdasarkan hasil pengitungan bahwa terdapat pengaruh Problem Based Learning Berbasis Game Kahoot Terhadap Kemandirian Peserta Didik Dalam Belajar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pijar

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Pijar : Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran merupakan jurnal penelitian yang bertujuan menyediakan diskursus ilmiah tentang bidang pendidikan dan pembelajaran serta media untuk mempromosikan hasil-hasil penelitian lapangan dan kajian literatur dari para peneliti, guru, dosen, ...