Pijar : Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 3 No. 2 (2023): September

Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share Terhadap Karakter Mandiri Pada Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Siti Syahrifa Amany Gunawan (Universitas Pasundan)
Dadang Mulyana (Universitas Pasundan)
Cahyono Cahyono (Universitas Pasundan)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2023

Abstract

Model pembelajaran Cooverative learning Tipe Think Pair Share ini dapat membentuk pola interaksi, kreatif, inovatif dan memberikan kesempatan untuk mengekspresikan diri dengan berbagi ide-idenya di dalam proses pembelajaran. Hal tersebut membuat peneliti tertarik melakukan penelitian pengaruh model Cooverative learning Tipe Think Pair Share terhadap karakter mandiri peserta didik. Digunakan pendekatan kuantitatif metode ekperimen. Teknik penelitian ini nonprobability sampling jenis purposive sampling. Sampel yaitu kelas VIII A (kelas ekperimen) dan VIII B (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan data pelengkap pretest dan posttest, observasi terstruktur dan wawancara tidak terstruktur. Data analisis penelitian ini yaitu Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji Hipotesis. Hasil uji hipotesis 0,002 < 0,05, data t hitung yaitu nilai t hitung 3.414 > t tabel 0,3550. Maka, variabel (X) berpengaruh terhadap variabel (Y). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti diatas dapat diambil kesimpulan bahwasannya model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share berpengaruh meningkatkan karakter mandiri peserta didik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pijar

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Pijar : Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran merupakan jurnal penelitian yang bertujuan menyediakan diskursus ilmiah tentang bidang pendidikan dan pembelajaran serta media untuk mempromosikan hasil-hasil penelitian lapangan dan kajian literatur dari para peneliti, guru, dosen, ...