Mindset : Jurnal Pemikiran Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 3 No. 2 (2023): Juli

Pengaruh Literasi Digital Terhadap Etika Bermedia Sosial Peserta Didik

Anggun Agustina (Universitas Lampung)
Muhammad Mona Adha (Universitas Lampung)
Ana Mentari (Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan melihat bagaimana Pengaruh Literasi Digital terhadap Etika Bermedia Sosial pada Peserta Didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini yakni peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Lampung Utara. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 88 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik angket dan wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini yakni menggunakan uji regresi sederhana dengan bantuan Statistical Product and Service Solutions versi 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara Literasi Digital terhadap Etika Bermedia Sosial sebesar 42,1%. Hal ini terihat dari tertanamnya pilar literasi digital pada diri peserta didik yang akan membawanya pada kualitas diri yang baik, seperti dalam etika bermedia sosial. Penerapan etika diruang digital dapat dipengaruhi oleh masing-masing dari diri individu, sehingga adanya penguasaan soft skill literasi digital. Sementara itu, sisahnya sebesar 57,9% dipengaruhi faktor lain selain literasi digital.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

mindset

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Mindset: Jurnal Pemikiran Pendidikan dan Pembelajaran merupakan jurnal penelitian dalam bidang pendidikan dan pengajaran yang bertujuan untuk mempromosikan beragam hasil penelitian baik studi literatur, maupun studi empiris yang dilakukan para peneliti, tenaga profesional, aparatur sipil negara, ...