At-Tajdid: Journal of Islamic Studies
Vol 2, No 4 (2022): Oktober 2022

Model Inovasi Pengembangan Kurikulum Merdeka

Irwan Efendi (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Sri Murhayati (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Zaitun Zaitun (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2022

Abstract

Kajian ini mencoba menyajikan gambaran tentang problematika penerapan kurikulum dalam pembejalaran beserta tawaran solusinya dengan desain model inovasi pengembangan kurikulum merdeka. Pemerintah mengembangkan kurikulum merdeka dan konsep merdeka belajar. Merdeka belajar menginginkan desain materi dan penyediaan kompetensi sumber daya manusia, metode, serta sarana dan prasarana perlu ditata ulang agar dapat menghadapi tantangan sehingga dijadikan sebuah peluang. Pendidikan khususnya pada lembaga pendidikan Islam haruslah mengambil peran dalam perubahan tersebut. Terutama kaitannya dengan pembelajaran pendidikan agama Islam di kelas, salah satu contoh dengan munculnya perkuliahan/pembelajaran daring/e-learning di dunia Jika tidak melakukan inovasi, pendidikan agama Islam akan semakin tertinggal dan usang. Sajian tulisan ini semoga menjadi salah satu langkah/solutif kongkrit agar dapat mengaplikasikan kurikulum merdeka pada pembelajaran PAI.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

At-tajdid

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

At-Tajdid: Journal of Islamic Studies (E-ISSN: 2809-3941) diterbitkan oleh Pascasarjana UIN Sultan Syarif Kasim Riau pertama kali pada bulan Oktober tahun 2021. At-Tajdid: Journal of Islamic Studies terbit 4 (empat) kali setahun pada bulan Oktober, Januari, April dan Juli berisi tulisan/artikel ...