cover
Contact Name
Musa Thahir
Contact Email
musa.thahir@uin-suska.ac.id
Phone
+6285263678409
Journal Mail Official
musa.thahir@uin-suska.ac.id
Editorial Address
Jl. KH. Ahmad Dahlan No.94, Kp. Melayu, Kec. Sukajadi Kota Pekanbaru, Riau 28122
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
At-Tajdid: Journal of Islamic Studies
ISSN : -     EISSN : 28093941     DOI : http://dx.doi.org/10.24014/at-tajdid.vxix.xxxxx
At-Tajdid: Journal of Islamic Studies (E-ISSN: 2809-3941) diterbitkan oleh Pascasarjana UIN Sultan Syarif Kasim Riau pertama kali pada bulan Oktober tahun 2021. At-Tajdid: Journal of Islamic Studies terbit 4 (empat) kali setahun pada bulan Oktober, Januari, April dan Juli berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam disiplin ilmu pendidikan dan pembelajaran, hukum kontemporer dan Islam, ekonomi kontemporer dan Islam.
Articles 51 Documents
Model Pendidikan Anak Menurut Hadits dan Urgensinya Susiba Susiba; Ilyas Husti; Nurhadi Nurhadi
At-Tajdid : Journal of Islamic Studies Vol 2, No 3 (2022): Juli 2022
Publisher : At-Tajdid : Journal of Islamic Studies

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/at-tajdid.v2i3.16010

Abstract

Pendidikan anak merupakan suatu yang sangat urgen, karena masa pada masa anak-anak inilah terjadi berbagai perkembangan kecerdasan yang dimiliki oleh seseorang. Untuk bisa mendidik anak dengan baik tentu memerlukan suatu model yang tepat yang sudah teruji keefektifannya. Banyak model pendidikan anak yang terdapat dalam hadits Rasulullah Saw yang bisa dijadikan rujukan dalam mendidik anak. Tujuan artikel ini adalah untuk mengkaji model-model pendidikan anak yang terdapat dalam hadits dan urgensi penerapannya pada zaman sekarang. Jenis penelitian ini menggunakan literature review, berdasarkan literature review diketahui bahwa banyak model-model pendidikan kekinian yang sebenarnya sudah diterapkan Rasulullah Saw dalam mendidik anak, diantaranya model Value Clarification Technique, model pembelajaran lansung, Internal Working Model, dan belajar sambil bermain. Hal ini bisa dijadikan sebagai rujukan dalam mendidik anak.
Perkembangan Model Integrasi Pendidikan dalam Hadist dan Penerapan Elvi Yenti; Ilyas Husti; Nurhadi Nurhadi
At-Tajdid : Journal of Islamic Studies Vol 2, No 2 (2022): April 2022
Publisher : At-Tajdid : Journal of Islamic Studies

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/at-tajdid.v2i2.15984

Abstract

 The phenomenon of the separation of general science, science and religion (dichotomies) has started in the Middle Ages and has continued until now. In order to form people who are faithful and pious and have noble character in accordance with the mandate of the Indonesian education law, there is a need for an educational integration model. Seeing this phenomenon, this paper aims to examine the development of the integration model of education in hadith and its application. The type of research used is a literature review. Based on the literature review collected, it was found that the absolute truth sources of knowledge are the Koran and Hadith, in both sources there is no dichotomy of science. All knowledge is the knowledge of Allah, in the hadith we find that it is obligatory to seek knowledge, there is no separation between general knowledge and religion, there is fardu a'in science and fard kifayah science. Fard'ain science is a science that studies fardhu'ain practices, while fardu-kifayah science is a science for fard-kifayah practices, such as science for medicine, pharmacy, astronomy, economics, political science and so on. It is found in the hadith that the model of integration of knowledge is to teach whatever knowledge the goal is for faith, love of Allah and heaven. Likewise the hadith in trade, the purpose of war is to get the pleasure of Allah and Islam is Rahmatanlil'alamin. 
Makna Kata Uff dalam al-Qur’an dan Pengaruhnya terhadap Kesehatan Mental Yesa Adila; Khairunnas Jamal
At-Tajdid : Journal of Islamic Studies Vol 1, No 1 (2021): Oktober 2021
Publisher : At-Tajdid : Journal of Islamic Studies

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/at-tajdid.v1i1.15145

Abstract

Artikel ini membahas mengenai makna uff dalam Al-Qur’an dan pengaruhnya terhadap kesehatan mental. Dalam berhubungan atau berinteraksi dengan orang lain harus menjaga tutur kata yang baik agar tidak menyinggung perasaan seseorang yang dapat mengakibatkan hatinya sakit. Salah satunya dengan cara menjaga perkataan yang baik dan tidak berkata kasar yang disebut dengan istilah uff. Kata uff ini dilarang digunakan oleh seorang anak terhadap kedua orang tuanya. Walaupun kata uff dilarang diucapkan seorang anak akan tetapi kata uff ini juga digunakan oleh Nabi Ibrahim A.s kepada kaumnya. Orang yang sehat mentalnya adalah orang yang dalam rohani atau dalam hatinya selalu merasa senang, aman dan tentram. Sedangkan orang yang tidak merasa tenang, aman serta tentram dalam hatinya adalah orang yang sakit rohaninya atau mentalnya. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana makna kata uff menurut para mufassir, serta memaparkan bagaimana pengaruhnya kata uff terhadap kesehatan mental. Penelitian ini bersifat penelitian kepustakaan (library research) dengan metode tematik. Adapun makna kata uff yang ditafsirkan oleh Imam Asy-Syaukani, Ahmad Mustafa Al-Maragi, Buya Hamka dan Wahbah Az-Zuhaili yaitu para mufassir hampir sama dalam memaknai uff dalam ketiga surah ini dengan kata-kata yang buruk, busuk, ataupun tercela. Kata uff dalam surah al-Isra’ ayat 23 dan al-Ahqaf ayat 17 berpengaruh kesehatan mentalnya terhadap orang yang mengucapkan dan mendengarkan, sedangkan kata uff dalam surah al-Anbiya’ ayat 67 tidak berpengaruh kesehatan mentalnya bagi orang yang melontarkan dan mendengarkan.
Model Inovasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Irwan Efendi; Sri Murhayati; Zaitun Zaitun
At-Tajdid : Journal of Islamic Studies Vol 2, No 4 (2022): Oktober 2022
Publisher : At-Tajdid : Journal of Islamic Studies

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/at-tajdid.v2i4.20043

Abstract

Kajian ini mencoba menyajikan gambaran tentang problematika penerapan kurikulum dalam pembejalaran beserta tawaran solusinya dengan desain model inovasi pengembangan kurikulum merdeka. Pemerintah mengembangkan kurikulum merdeka dan konsep merdeka belajar. Merdeka belajar menginginkan desain materi dan penyediaan kompetensi sumber daya manusia, metode, serta sarana dan prasarana perlu ditata ulang agar dapat menghadapi tantangan sehingga dijadikan sebuah peluang. Pendidikan khususnya pada lembaga pendidikan Islam haruslah mengambil peran dalam perubahan tersebut. Terutama kaitannya dengan pembelajaran pendidikan agama Islam di kelas, salah satu contoh dengan munculnya perkuliahan/pembelajaran daring/e-learning di dunia Jika tidak melakukan inovasi, pendidikan agama Islam akan semakin tertinggal dan usang. Sajian tulisan ini semoga menjadi salah satu langkah/solutif kongkrit agar dapat mengaplikasikan kurikulum merdeka pada pembelajaran PAI.
Pendidikan Ibadah Shalat Anak Usia Dini Menurut Al-Qur’an di Era Modern Armadis Armadis; Said Agil Husin Al Munawar; Alwizar Alwizar
At-Tajdid : Journal of Islamic Studies Vol 2, No 3 (2022): Juli 2022
Publisher : At-Tajdid : Journal of Islamic Studies

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/at-tajdid.v2i3.18447

Abstract

Tujuan dari artikel ini adalah untuk menjelaskan konsep metode Nabi Muhammad dalam mengajarkan sholat kepada anak-anak dan menjelaskan metode pengajaran sholat yang tepat di era modern. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini berupa penelitian kepustakaan berupa buku dan artikel jurnal dengan topik ibadah untuk pendidikan anak. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan metode naratif untuk menjawab pertanyaan penelitian dengan mengelompokkan berbagai sumber kemudian mendeskripsikan datanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Nabi Muhammad SAW dalam mengajarkan perintah sholat kepada anak-anak adalah metode pembiasaan dan hukuman. Hal ini harus didasarkan pada enam petunjuk dasar Nabi Muhammad SAW, salah satunya mengatakan bahwa diperbolehkan memukul anak-anak ketika mereka tidak berdoa. Ada beberapa jenis perkembangan dalam pelaksanaan ibadah sholat di era modern bagi anak, salah satunya adalah perlunya mengikuti metode modern yang berbasis digital.
Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Masa Pandemik Covid 19 di SMK Negeri Kota Batam Muhamad Rahul; Hartono Hartono; Nurhasanah Bakhtiar
At-Tajdid : Journal of Islamic Studies Vol 2, No 1 (2022): Januari 2022
Publisher : At-Tajdid : Journal of Islamic Studies

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/at-tajdid.v2i1.16432

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah 1) Bagaimana Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemik Covid 19 di SMK Negeri Kota Batam; 2) Faktor-faktor apa saja yang Mempangaruhi Pengunaan teknologi informasi dan komunikasi Pada Masa Pandemik Covid 19 di SMK Negeri Kota Batam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskripstif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan 1) wawancara, 2) observasi dan 3) dokumentasi. Sedangkan teknik pengolahan data dilakukan melalui tiga tahap yaitu 1) reduksi data, 2) penyajian data dan 3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1)Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemik Covid 19 di SMK Negeri Kota Batam yaitu dilaksanakan secara daring dengan memanfaatkan komponone-komponen teknologi infomasidan komunikasi berupa hardware lapton dan handphone serta software berupa platform atau aplikasi pembelajaran daring sebagai media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Guru menggunakan beberapa platform atau aplikasi media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi yaitu youtube, google classroom, google form, quizizz, right  choice, microsoft office 365, rumah belajar, e-learning di SMK Negeri Kota Batam, dan whatsapp, namun yang paling sering digunakan guru dalam pembelajaran daring adalah google classroom, whatsapp, google Meting. Faktor-faktor yang Mempangaruhi Pengunaan teknologi informasi dan komunikasi Pada Masa Pandemik Covid 19 di SMK Negeri Kota Batam ringan) ada dua yaitu pendukung dan penghambat bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran daring. Adapun Faktor pendukungnya yaitu: a) Karena guru melaksanakan pembelajarannya tetap di sekolah, maka sekolah memfasilitasi jaringan wifi; b) Adanya laptop di laboratorium komputer yang bisa digunakan guru untuk melakukan pembelajaran; c) Adanya ahli teknologi informasi dan komunikasi di sekolah menjadikan kesulitan-kesulitan atau kendala-kendala dialami dapat diminimalisir. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu ketika jaringan internet sedang mengalami masalah maka pembelajaran akan terganggu bahkan tertunda dan kurangnya pengetahuan untuk menggunakan aplikai-aplikasi terbaru menyebabkan kesulitan ketika mengunggah atau membagikan materi.
Analisis Implementasi Maqasid Al-Syariah dalam Maqasid Syariah Index (MSI) sebagai Alat Ukur Kinerja Perbankan Syariah Oktaviani Oktaviani; Fatimatus Syadiyah
At-Tajdid : Journal of Islamic Studies Vol 3, No 1 (2023): Januari 2023
Publisher : At-Tajdid : Journal of Islamic Studies

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/at-tajdid.v3i1.21929

Abstract

Perbankan Syariah memiliki karakteristik yang berbeda dengan Perbankan Konvensional, baik dari sudut pandang maupun orientasi. Perbankan Syariah memandang kinerja tidak terbatas pada profitabilitas, namun juga melihat unsur sosial dan sumber daya manusia. Salah satu alat ukur kinerja Perbankan Syariah yang disusun berdasarkan konsep Maqasid al-Syariah adalah Maqasid Syariah Index (MSI) yang disusun oleh Mustafa Omar Mohammed. Penelitian ini bertujuan untuk melihat penerapan konsep Maqasid al-Syariah yang telah dilakukan Mustafa Omar Mohammed pada MSI. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan naratif. Data primer yang digunakan yaitu al-Quran dan al-Sunnah beserta jurnal penelitian MSI yang berjudul “The Performance Measures of Islamic Banking Based on the Maqasid Framework”. Sedangkan data sekunder menggunakan buku-buku, artikel, jurnal, dan tulisan-tulisan yang berkaitan dengan MSI dan Maqasid al-Syariah. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan wawancara kepada karyawan Perbankan Syariah. Data yang dikumpulkan selanjutnya dianalisis menggunakan metode Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini yaitu seluruh konsep Maqasid al-Syariah pada MSI telah terimplementasi.
Manajemen Pendidikan Islam dalam Perspektif Hadist Windayani Windayani; Ilyas Husti; Nurhadi Nurhadi
At-Tajdid : Journal of Islamic Studies Vol 2, No 4 (2022): Oktober 2022
Publisher : At-Tajdid : Journal of Islamic Studies

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/at-tajdid.v2i4.19821

Abstract

Education management has a strategic role for educational development. In other words, Islamic education management is the art and science of managing Islamic educational resources to achieve educational goals effectively and efficiently. When talking about management, of course it cannot be separated from the existing components, namely planning, organization, implementation and control. In the Islamic paradigm, experts conclude that the concept of management of Islamic education from the point of view of al-Hadith as flexibility, efficiency, effectiveness, openness, cooperation and participation for the world of education. The purpose of Islamic education management is that all resources, equipment or facilities in an organization can be relocated in such a way as to avoid loss of time, energy, material and money, in order to achieve predetermined organizational goals.
تطوير المادة التعليمية على أساس الخريطة الفكرية لترقية فهم القواعد لدى طلاب الفصل الأول بالمدرسة الثانوية الإسلامية الحسنة بكنبارو Siti Kholifah; Promadi Promadi; Aprijon Effendy
At-Tajdid : Journal of Islamic Studies Vol 2, No 2 (2022): April 2022
Publisher : At-Tajdid : Journal of Islamic Studies

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/at-tajdid.v2i2.16960

Abstract

يهدف هذا البحث إلى تطوير وإنتاج مادة التعليمية على أساس الخريطة الفكرية لترقية فهم القواعد ولمعرفة صلاحية المادة التعليمية على أساس الخريطة الفكرية ولقياس فعالية المادة التعليمية على أساس الخريطة الفكرية لترقية فهم القواعد لدى الطلاب فى المدرسة الثانوية الإسلامية الحسنة بكنبارو. كان المنهج المستخدم في هذا البحث هو منهج البحث والتطويري بالمدخل الكيفي والكمي. استخدمت الباحثة نموذج ADDIE بخطوة : تحليل وتصميم وتطوير وتجربة وتقويم. والأساليب المستخدمة لجمع البيانات هي الملاحظة والمقابلة والاستبانة والاختبارات. وأما تحليل البيانات باستخدام أسلوب تحليل المضمون، والوصفي التحليلي، والتحليل الإحصائي الوصفي. ونتائج هذا البحث منها :1) تطوير المادة التعليمية على أساس الخريطة الفكرية لترقية فهم القواعد ، تجري الباحثة تحليل الاحتياجات بالمقابلة مع الطلاب والاستبانة الاحتياجات، وتصميم الانتاج على أساس الخريطة الفكرية، وبعدها تجربة الإنتاج إلى الطلاب لمعرفة فعالية المنتج المطور، ثم تقويم الإنتاج من كل خطوات تطوير. 2) صلاحية المنتج على خبير المواد ٩٥% وخبير التصميم ٩٧%، وخبير اللغة ٩٦% وتدل على تقدير "جيد جدا". 3) ونتيجة فعالية من خلال الاختبار (ت) الإحصائي بمستوى الدلالة ٪٥ ينال على الحصول تاء الحساب أكثر من درجة تاء الجدول ٤ >٢،٠٢ أي أن Ha مقبول وHo مردود.
Implementasi Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Jurusan Kriya Kreatif Kayu dan Rotan di SMK N 4 Pekanbaru Edi Slamat; Tuti Andriani; Alimuddin Hassan
At-Tajdid : Journal of Islamic Studies Vol 1, No 1 (2021): Oktober 2021
Publisher : At-Tajdid : Journal of Islamic Studies

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/at-tajdid.v1i1.15146

Abstract

Fokus penelitian ini adalah kemampuan manajerial Kepala Sekolah SMK N 4 Kota Pekanbaru pada jurusan KKKR. Sub Fokus penelitian adalah pada Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah, Pengembangan Jurusan Kkkr, Imlementasi Kemampuan Manajerial  Kepala SMK N 4 Kota Pekanbaru. Tujuan dalam penelitian adalah: 1) Untuk mengetahui Keterampilan Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah SMK N 4 Pekanbaru; 2) Untuk mengetahui Pengembangan Jurusan di SMKN 4 Pekanbaru dan Untuk mengetahui Imlementasi Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah SMKN 4 Pekanbaru. Kesimpulan penelitian ini adalah, Kemampuan Manajerial Kepala SMK Negeri. Belum begitu baik, Pengembangan Jurusan Kkkr dan Imlementasi Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah sudah baik.