Jurnal Pengabdian Masyarakat dan aplikasi Teknologi
Vol 1, No 1 (2022)

Peningkatan Pengelolaan Bank Sampah melalui Program Pengabdian kepada Masyarakat di Bank Sampah Wilayah Simojawar

Anindya Rachma Dwicahyani (Scopus ID: 57189581807, Department of Industrial Engineering, Adhi Tama Institute of Technology Surabaya)
Arlini Dyah Radityaningrum (Jurusan Teknik Lingkungan, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya)
Eky Novianarenti (Fakultas Teknik Pemesinan Kapal, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya)
Erlinda Ningsih (Jurusan Teknik Kimia, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2022

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan untuk meningkatkan pengelolaan Bank Sampah Simojawar, Surabaya. Bank sampah merupakan salah satu bentuk pengelolaan sampah di masyarakat di mana sampah rumah tangga dikumpulkan, dipilah, dan dijual kembali kepada pihak ketiga. Melalui bank sampah, sampah dapat dikelola menjadi suatu hal yang bernilai ekonomis. Pengelolaan bank sampah mengadopsi sistem yang ada di perbankan, namun dalam bentuk yang lebih sederhana. Nasabah bank sampah, yang merupakan warga sekitar, menyetorkan sampah yang selanjutnya dicatat sebagai saldo sesuai nilai ekonomisnya. Dalam pelaksanaannya, pengelolaan bank sampah di Simojawar masih menemui berbagai kendala. Program pengabdian ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pengelolaan bank sampah melalui berbagai kegiatan yang bernilai ekonomis bagi warga. Peningkatan pengelolaan bank sampah dilakukan dengan penerapan Sistem Digital Manajemen Bank Sampah (smash.id). Selain itu, juga dilakukan berbagai pendampingan dan pelatihan produk kreatif dari sampah plastik. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan kegiatan operasional bank sampah di Simojawar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

adipati

Publisher

Subject

Computer Science & IT Engineering Industrial & Manufacturing Engineering Other

Description

Jurnal ADIPATI (Pengabdian kepada Masyarakat dan Aplikasi Teknologi) adalah jurnal nasional yang dikelola oleh Jurusan Teknik Industri, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya. Jurnal ADIPATI berfokus pada bidang pengabdian kepada masyarakat, difusi teknologi, serta penerapan hasil penelitian untuk ...