Advantage: Journal of Management and Business
Vol. 1 No. 1 (2023): Juni 2023

Pengaruh Literasi Keuangan, Toleransi Risiko, Kontrol Ilusi, Dan Kepercayaan Diri Terhadap Keputusan Investasi Di Pasar Modal (Studi Pada Nasabah KSPM Yang Bermitra Dengan Phillip Sekuritas NTB)

Fitri Melindasari (Universitas Teknologi Sumbawa)
Serli Oktapiani (Universitas Teknologi Sumbawa)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh literasi keuangan, toleransi risiko, kontrol ilusi dan kepercayaan diri terhadap keputusan investasi dipasar modal (studi pada nasabah KSPM yang bermitra dengan phillip sekuritas NTB). Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling dan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Adapun metode analisis yang digunakan mengunakan Regresi linier berganda dengan aplikasi SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan investasi nasabah KSPM di pasar modal, toleransi risiko berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan investasi nasabah KSPM, kontrol ilusi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan investasi nasabah KSPM dan kepercayaan diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan investasi nasabah KSPM di pasar modal.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

advantage

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Other

Description

Advantage: Journal of Management and Business, sebagai media kajian ilmiah dari hasil penelitian, pemikiran dan kajian dan implementasi berkaitan dengan bidang ilmu Manajemen dan Bisnis. Fokus dan ruang lingkup Advantage: Journal of Management and Business: - Ilmu Manajemen - Manajemen Keuangan - ...