Consilium
Vol 2, No 2 (2022): Consilium

Hubungan self-regulation dengan penyesuaian diri siswa di sekolah menengah atas

Delfita Ningsih (Universita Negeri Padang)
Herman Nirwana (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2022

Abstract

Salah satu fator yang diduga mempengaruhi penyesuaian diri adalah self-regulation. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) penyesuaian diri siswa (2) self-regulation siswa, serta (3) menguji hubungan self-regulation dengan penyesuaian diri siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini sebanyak 288 siswa yang terdaftar di kelas X SMAN N 1 Suliki pada semester Juli-Desember Tahun ajaran 2023/2024 dengan sampel berjumlah 168 yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah “Daftar Isian Self-regulation” dan “Daftar Isian Penyesuaian Diri” dengan menggunakan skala likert. Pengolahan data menggunakan teknik analisis korelasional Pearson Product Moment. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa (1) self-reguation siswa pada umunya berada pada kategori tinggi, (2) penyesuaian diri siswa pada umumnya berada pada kategori tinggi, (3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara self-regulation dengan penyesuaian diri siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cons

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Consilium aims to publish articles dedicated to all aspects of the latest outstanding developments in the field of counseling, applied counseling practice, and features articles that advance the empirical, theoretical, and methodological understanding of counseling and ...