Tropicrops : Indonesian Journal of Tropical Crops
Vol 4 No 1 (2021)

PENGARUH DOSIS DAN SAAT PEMBERIAN VERMIKOMPOS TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.)

Febriyanti Febriyanti (Universitas Muhammadiyah Gresik)
Suhaili Suhaili (Universitas Muhammadiyah Gresik)
Wiharyanti Nur Lailiyah (Universitas Muhammadiyah Gresik)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2021

Abstract

Bawang merah (Allium ascalonicum L.) merupakan tanaman sayur yang digunakan sebagaibumbu penyedap makanan, selain itu juga bermanfaat bagi kesehatan. Kebutuhan masyarakatterhadap bawang merah terus meningkat, namun tingkat produksinya masih rendah. Upayayang dapat dilakukan untuk meningkatkan produksi bawang merah yaitu dengan budidayaorganik menggunakan pupuk vermikompos. Penggunaan vermikompos dilakukan untukmengurangi penggunaan pupuk kimia sehingga dapat meningkatkan unsur hara dalam tanahdan mengingkatkan produksi bawang merah. Penelitian ini dilakukan untuk mengkajipengaruh dosis dan saat pemberian vermikopos terhadap pertumbuhan dan hasil tanamanbawang merah (Allium ascalonicum L.). Penelitian ini di laksanakan pada bulan Mei – Juli2020. Bahan yang digunakan berupa pupuk vermikompos dan umbi bawang merah. Metodeyang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yangterdiri dari 10 perlakuan dan 3 ulangan. Analisis pengujian menggunakan analisis sidik ragamlebih lanjut dengan Uji Duncan’s Multiple Range Test (DMRT) 5%. Pemberian pupukvermikompos tidak menunjukkan perbedan nyata pada semua variabel pertumbuhan danhasil, namun memberikan pengaruh pada setiap variabel pengamatan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

tropicrops

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

TROPICROPS (Indonesian Journal of Tropical Crops) diterbitkan oleh Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Gresik, terbit dua kali setahun pada bulan Februari dan Agustus. Tujuan dari Jurnal ini adalah untuk memfasilitasi para ilmuawan dan peneliti untuk menerbitkan ...