Consilium
Vol 1, No 2 (2021): Consilium

Hubungan Efikasi Diri Akademik dengan Prokrastinasi Akademik serta Implikasinya dalam Layanan Bimbingan dan Konseling di SMA Pertiwi 1 Padang

Cherly Afriyani Putri (Universitas Negeri Padang)
Mudjiran Mudjiran (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Prokrastinasi akademik merupakan bentuk penundaan terhadap tugas akademik. Salah satu faktor yang mempengaruhinya ialah efikasi diri akademik yaitu keyakinan akan kemampuan diri bidang akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efikasi diri akademik, prokrastinasi akademik dan menguji apakah terdapat hubungan yang signifikan antara efikasi diri akademik dengan prokrastinasi akademik siswa di SMA Pertiwi 1 Padang.  Jenis penelitiannya yaitu kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini berjumlah 729 siswa. Sampel dalam penelitian 263 siswa yang dipilih dengan teknik Stratified Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket model skala Likert. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa efikasi diri akademik berada pada kategori tinggi dengan persentase 37%, prokrastinasi akademik berada pada kategori rendah dengan persentase 33%, dan terdapat hubungan yang negatif signifikan antara efikasi diri akademik dengan prokrastinasi akademik dengan koefisien korelasi -0,258 dan nilai signifikan 0,000 dengan tingkat hubungan lemah. Implikasi dalam bimbingan konseling yaitu layanan informasi, layanan penguasaan konten dan layanan bimbingan kelompok. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

cons

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Consilium aims to publish articles dedicated to all aspects of the latest outstanding developments in the field of counseling, applied counseling practice, and features articles that advance the empirical, theoretical, and methodological understanding of counseling and ...