Consilium
Inpress

Hubungan antara Kematangan Emosi dengan Perilaku Asertif Siswa

Arin Tara Dipa (Universitas Negeri Padang)
Dina Sukma (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2023

Abstract

Perilaku asertif adalah kemampuan untuk mengomunikasikan apa yang diinginkan, dirasakan, dan dipikirkan kepada orang lain namun dengan tetap menjaga dan menghargai hak-hak serta perasaan orang lain. Ketidakmampuan siswa dalam berperilaku asertif akan berpengaruh terhadap emosinya, seperti sering merasa cemas, tidak mampu menyatakan perasaan, kebutuhan, dan pendapat paling biasa sekalipun, sering merasa bersalah atas tindakan atau keputusan yang diambil. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kematangan emosi siswa di SMA Adabiah Padang, mendeskripsikan perilaku asertif siswa di SMA Adabiah Padang, menguji apakah terdapat hubungan kematangan emosi dengan perilaku asertif siswa di SMA Adabiah Padang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif dan korelasional. Sampel dalam penelitian ini yaitu 265 orang siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik proportionate random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan model skala Likert. Analisis data menggunakan teknik deskriptif dengan persentase dan teknik korelasional dengan Pearson Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kematangan emosi siswa pada umumnya berada pada kategori tinggi, perilaku asertif siswa pada umumnya berada pada kategori tinggi, dan terdapat hubungan positif yang signifikan antara kematangan emosi dengan perilaku asertif dengan nilai korelasi 0,234 dan nilai signifikan 0,000 yang artinya tingkat hubungan antara kedua variabel tersebut berada pada tingkat korelasi lemah

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

cons

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Consilium aims to publish articles dedicated to all aspects of the latest outstanding developments in the field of counseling, applied counseling practice, and features articles that advance the empirical, theoretical, and methodological understanding of counseling and ...